MOTIF PENDENGAR RADIO DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA PADA GENERASI Z DI BANDUNG)

ulfa yuniati, Euis Evi Puspitasari

Sari


Teknologi menciptakan tipe masyarakat. Artinya setiap perkembangan teknologi akan menentukan bagaimana tipe masyarakatnya. Perbedaan tipe masyarakat sekarang dengan 1 abad lalu dipengaruhi oleh perkembangan teknologinya. Maka, individu yang hidup pada masyarakat tertentu harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi komunikasi (Nurudin, 2017).
Generasi Z adalah generasi yang telah lahir disebut generasi teknologi artinya mereka mengikuti perkembangan teknologi saat ini jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya yakni generasi baby boomer, silent generation, generasi milenials, dan generasi X. Tidak hanya itu generasi Z pun saat ini cenderung menggunakan internet sebagai cara mereka memenuhi kebutuhan informasi atau hiburan.
Tujuan utama penelitian dilakukan untuk mengetahui motif dari pendengar generasi Z di era disrupsi ini sebagai studi kepuasan penggunaan media. Pendengar generasi Z dipilih karena mereka terlahir untuk menggunakan teknologi dan internet. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dari generasi Z adalah mendengarkan lagu-lagu yang diputar serta menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Namun pada penggunaan media, dilihat dari durasi mendengarkan radio, generasi z cukup puas dalam hal ini.

Kata Kunci


radio, teknologi informasi, motif, generasi z, penggunan media radio, teknologi informasi, motif, generasi z, penggunan media

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendy. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti,

Kriyantono, Rakhmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana,

Lestari, A.F., (2017). Skripsi Motif dan Kepuasan Pendengar Radio di Era Media Baru

McQuail, Denis, (1991). Teori Komunikasi Masa, Jakarta : PT. Erlangga

Morissan, (2005). Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi.Jakarta: Ramdina Perkasa

Nasution, N. (Juli 2017). Eksistensi M-Radio Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Interaksi Vol. 1 No.2 Edisi Juli, 174-183.

Nurudin. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 2.

Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century. Mass Communciation and Society, vol 3 no 1 2000, halaman 3-37

Santoso. E & Setiansah, M. (2010). Teori Komunikasi. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Severin, Werner, J. and James, Jr. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada,

Yuniati, Ulfa., Puspitasari, E.E.. (2019). Eksistensi Radio Swasta Bandung Pada Era Digital Melalui Survey Kebutuhan Khalayak Generasi Z Laporan Akhir Hibah PDP Kemenristektdikti. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504.g3631

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License