Analisis Event “Pos Indonesia Bergerak 2017” Sebagai Upaya Mempertahankan Reputasi

Nurul Khotimah, Titin Suhartini, Diny Fitriawati

Sari


ABSTRAK

Pelaksanaan Event merupakan salah satu taktik dari divisi Public Relations (PR) disetiap perusahaan untuk menarik simpati dan empati publik dan media massa. Event juga bisa dikatakan sebagai alat untuk menciptakan citra dan reputasi yang baik bagi perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana PT. Pos Indonesia khususnya bagian Public Relations mengelola sebuah Event yang dinamakan Pos Indonesia Bergerak sebagai partisipasi perusahaan di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus disertai dengan pendekatan kualitatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa Public Relations PT. Pos Indonesia mengelola sebuah Event dengan melalui proses analisis situasi, proses perencanaan, implementasi dan evaluasi. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa reputasi perusahaan bertambah menjadi lebih positif setelah diadakannya Event.


Kata kunci: Event, Pos Indonesia Bergerak 2017, Reputasi.

 

ABSTRACT

 The implementation of the Event is one of the tactics of Public Relations (PR) division in every company to attract sympathy and empathy of public and mass media. Event can also be said as a tool to create a good image and reputation for the company. This study discusses how PT. Pos Indonesia especially the Public Relations section manages an Event called Pos Indonesia’s Move as the company's participation in Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). This research uses case study method accompanied by qualitative approach to determine how to find, collect, process and analyze data of research result. The result of the research in explained that Public Relations of PT. Pos Indonesia manages an Event through analysis process of situation, process of planning, implementation and evaluation. From the research results also known that the reputation of the company increased to be more positive after the Event.


Keywords: Event, Pos Indonesia’s Move 2017, Reputation.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. 2014. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: simboisa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro & Bambang Q. Anees. 2007. Filsafat Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro & Soleh Soemirat. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Creswell, John W. 2014. Penelitian & Desain Riset: memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2011 Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event: Edisi Revisi. Bandung: Aflabeta.

Priandono, Tito Edy. 2014. Kepercayaan Klien Terhadap Konsultan Hubungan Masyarakat. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol.17 No.1, Juli 2014: 1-14.

Prianto, Torry Agus & Titin Suhartini. 2015. Optimalisasi Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA). ISSN: 2355-0287 53. Vol II. No.1 April 2015.

Pudjiastuti, Wahyuning. 2010. Special Event: Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: Elex media Komputindo.

Ruslan, Rosday. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2683

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2683.g1802



Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License