Analisis Strategi Personal Selling untuk Meningkatkan Penyewaan Stand Bazar Ramadhan: Studi Komunikasi Pemasaran di Duta Mall Banjarmasin

Zannora Baiduri, Muhammad Agus Humaidi, Lieta Dwi Novianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas strategi Personal Selling dalam meningkatkan jumlah penyewa stand bazar Ramadhan di Duta Mall Banjarmasin. Strategi ini mencakup identifikasi calon penyewa potensial, pendekatan personal, presentasi penawaran, negosiasi, serta tindak lanjut. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji komunikasi pemasaran, perilaku konsumen, dan dinamika persaingan pasar yang mempengaruhi keputusan penyewaan stand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memahami secara mendalam proses penerapan strategi Personal Selling serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Personal Selling yang efektif dapat meningkatkan jumlah penyewa stand secara signifikan. Studi ini merekomendasikan penguatan pelatihan tim pemasaran, optimalisasi promosi digital, dan penyesuaian penawaran berdasarkan analisis pasar untuk mempertahankan daya saing


Kata Kunci


Personal Selling, Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Persaingan Pasar, Duta Mall Banjarmasin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimin, E., Eddy, E., Afriani, D., Agusfianto, N. P., Octavia, Y. F., Mulyaningsih, T., Satriawan, S., Yusuf, S. Y. M., Irwansyah, R., Moonti, A., Sudarni, A. a. C., Endrawati, B. F., Suhadarliyah, S., Armiani, A., Andayani, S. U., & Tabun, M. A. (2022). Manajemen pemasaran: Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern. Seval Literindo Kreasi.

Alfiyanto, A., Wanda, E., Rosdiana, Adria, Winarni, W., Pratiwi, P., Dharma, S., Abdullooh, A., Rusandy, D. S., & Hartono, W. (2023). Manajemen pemasaran. Selat Media.

Anita, S. Y., Amiruddin, E. E., Edt, R. W., Wiratmo, L. B., Mustafa, F., Khairo, F., Rahmani, S., Puspasari, D., Suyatno, A., Fadillah, M. I., Adam, K. A., Nurhayati, N., Puspitasari, M., & Abdillah, F. (2023). PERILAKU KONSUMEN. CV. Intelektual Manifes Media.

Anjani, A. S., & Hartono, B. (2022). Strategi personal selling dalam meningkatkan volume penjualan pada perusahaan marketing. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 15(1).

Das, G. (2024). Personal Selling & Salesmanship: (With Consumer Behaviour, Sales & Distribution Management). Authors Click Publishing.

Duta Mall Banjarmasin. (2025). Retrieved February 13, 2025, from https://www.Duta Mall.co.id/about-us/

Elpisah, E. (2022). PENGANTAR EKONOMI MIKRO. Penerbit Widina.

Habibah, Z.U. (2022). Strategi Personal Selling Dalam Penjualan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Ampo Pada CV. Lisa Jaya Mandiri Food. Jember. Skripsi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Hardjana, A. M. (2016). Ilmu Komunikasi. Bandung. Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Juniawati, R., Khabibah, S., & Robbani, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran (Pameran, Personal Selling, dan Iklan Media Online) dalam Mendorong Penjualan Properti di Palm One Residence. JUDICIOUS, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.220

Kurniawan, R. (2023). Strategi komunikasi pemasaran produk handphone dalam menarik minat pembeli di Gadget Mart Banjarmasin (Skripsi). UNISKA Banjarmasin.

Lestari, N., & Suryadjaja, R. (2020). Peluang dan tantangan pusat perbelanjaan di Jakarta dalam era digital. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat “URGENSI PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM KONTEKS BUDAYA INDONESIA SEBAGAI WUJUD KETANGGUHAN BANGSA.” Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah Universitas Tarumanagara. https://senapenmas.untar.ac.id/2023/index.php/proceedings/prosiding-senapenmas-2020

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung. Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Rismayanti, P. (2017). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan: Studi deskriptif kualitatif aktivitas promosi pada akun Instagram @kedai_digital (Skripsi). UIN Sunan Kalijaga.

Rokhimaturrizki, O. (2022). Mengenal Macam-Macam Pasar. CV MEDIA EDUKASI CREATIVE.

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher.

Siregar, I. P. (2023). Hukum anti monopoli dan persaingan usaha tidak sehat (I. P. Siregar & I. Maribeth, Eds.). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sudiarto. (2021). Pengantar Hukum Persaingan usaha di Indonesia. Prenada Media.

Sugiyono. (2020). *Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, kuesioner, alat, dan analisis data). CAPS.

Winarso, H. P. (2016). Sosiologi komunikasi massa. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v11i2.25277

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v11i2.25277.g6734

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:
 
E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License