Peran Public Relations POS IND Logistik Indonesia dalam Mengelola Reputasi Perusahaan

Muhammad Supriatno, Koesworo Setiawan, Maria Fitriah

Sari


Di era digital saat ini arus dunia informasi dan komunikasi tidak selalu membawa pesan yang positif bagi suatu perusahaan melainkan pasti terdapat pesan atau informasi negatif yang hal tersebut dapat merusak nama baik perusahaan sehingga diperlukan pengelolaan reputasi yang baik oleh para praktisi Public Relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Public Relations POS IND Logistik Indonesia dalam mengelola reputasi perusahaanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang dalam tahap pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan bahwa dalam pengelolaan reputasi yang dilakukan oleh praktisi Public Relations Pos Indonesia meninjau kembali terkait identitas, citra dan kepribadian perusahaan yang dari ketiga hal itu merupakan elemen penting dalam mengelola reputasi kemudian akan tercipta suatu gap atau celah untuk bagaimana mereka fokus mengelola reputasi dengan memperhatikan ketiga elemen tersebut. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Public Relations Pos Indonesia telah berhasil melakukan perannya dalam mengelola reputasi perusahaan.

Kata Kunci


Public Relations, Managemen Reputasi, Citra

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadiningtyas, D., Pratiwi, N., Haes, P., & Sari, P. (2018). Strategi Humas Cutlip and Centre Komisi Pemilihan Umum Denpasar dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pilgub Bali Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial , 2(2). http://journal.undiknas.ac.id

Ansary, D., Hurriyati, R., Gaffar, V., Wibowo, L., & Amanah, D. (2017). Pengaruh Reputasi Universitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi Di Universitas Islam Sumatera Utara. Forum Manajemen Indonesia (FMI 9), 1–9.

Buddy, Tabroni, & Salim, F. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Junal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, VOL 4 NO 2, 110–125.

Christian Oktavianus, L., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan Dan Reputasi Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, Vol. 13, No. 2, 218–227.

Dian Nurdiansyah. (2023). Strategi Pengelolaan Reputasi dalam Kegiatan Humas Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Disruption Era. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(1), 450–466. https://doi.org/10.55606/sinov.v5i1.667

Fitriah, M., & Atikah Rahmamulyani, I. (2015). Pengaruh Komunikasi Persuasif dalam Penyuluhan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga Terhadap Perubahan Sikap Para Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol.13, No.2.

Harahap, D. P., & Chatamallah, M. (2022). Peran Public Relations PT. Pos Indonesia dalam Memantau Opini Publik. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1155

Iswadi, A., & Tiastity, R. (2015). Analisis Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol. 15 No 2, 217–226.

Kriyantono, R., & Anggraini, C. (2020). Public Relations or Humas: How Do the Public and Practitioners Perceive It? Jurnal Komunikatif, 9(2), 154.

Morrisan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Ridlo, U. (2023). Metodologi Penelitian Studi Kasus: Teori dan Praktik. Publica Indonesia Utama.

Setiawan, K. (2022). Komunikasi Konteks sebagai Strategi Penguatan Citra Kelembagaan di Kementerian Sosial. Journal of Strategic Communication, Vol. 12, No.2, 122–137.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukma Ratih, C., Dewa Ayu Sugiarica Joni, I., & Devia Pradipta, A. (2021). Strategi Humas PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Dalam Membangun Citra dan Reputasi Positif Pada Publik Eksternal. Journal of Communication Studies, Vol. 6 No. 1, 53–66.

Waska Warta. (2017). Manajemen Reputasi (Cetakan Pertama). Simbiosa Rekatama Media.

Wijaya, Rangga, A., Nafia, I., & Bella, P. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Urnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 5.2, 217–227.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.22632

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.22632.g6761

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License