STUDI SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEINDAHAN BANGUNAN DALAM BROSUR CLUSTER ANDALUS PT.CEMPAKA ARUMPERMAI ESTATE
Sari
Abstract - PT. Cempaka Arum Permai Estate sebagai sebuah perusahaan properti sejak 2009 mengembangkan perumahan Cluster Andalus. PT. Cempaka Arum Permai Estate menggunakan brosur sebagai salah satu media Public Relations nya. Brosur Cluster Andalus disebarkan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk perumahan kepada masyarakat dan memberikan informasi yang dapat membantu masyarakat untuk mengenali produknya. Konsep brosur dibuat informatif dan menarik agar pesan yang terkandung didalamnya dapat dimengerti dan diterima dengan baik oleh konsumen. Penyajian yang menarik akan menentukan tercapainya tujuan promosi, karena suatu pesan akan diterima dengan baik oleh pasar sasaran jika pesan tersebut menarik dan mudah dimengerti baik dari segi bahasa maupun pengungkapannya. Keindahan bentuk dan warna bangunan pada brosur merupakan salah satu point penting untuk menarik perhatian konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul―Representasi Keindahan Bangunan Dalam Brosur Cluster Andalus‖. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memahami representasi Keindahan Bangunan Cluster Andalus dari segi bentuk dan warna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan semiotika. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, studi literature dan penyelusuran internet. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection, data reduction, data display, dan data verification. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pembahasan ini adalah bentuk garis lurus dipadu padankan dengan bentuk - bentuk garis lainnya menghasilkan keindahan bentuk bangunan dalam brosur Cluster andalus dan warna abu-abu dipadupadankan dengan warna-warna lainnya menghasilkan keindahan bangunan dalam brosur cluster Andalus. Hal ini menunjukan bentuk bangunan minimalis pada Cluster Andalus dan warna bangunan pada brosur Cluster Andalus merepresentasikan keindahan.
Kata Kunci : Media Relasi Umum, Respresentasi.
Abstract - PT. Cempaka Arumpermai Estate as a property company since 2009 to develop housing Cluster Andalus. PT. Cempaka Arumpermai Estate using brochures as one of Public Relations media. Cluster Andalus brochure distributed with the aim to introduce products to the public housing and provide information that can help people to identify their products. Concept created informativeand interesting brochure that the messages contained therein can be understood and well received by consumers. Interesting presentation will determine the achievement of promotion, because a message will be well received by the target market if the message is interesting and easy to understand in terms of both language and disclosure. The beauty of form and color of the building on the brochure is one important point to attract the attention of consumers. Based on the above background, the authors take the title "Beauty of Representation Cluster Building In Brochure Andalus". The purpose of this study is to understand the beauty of Building Cluster Andalus representation in terms of form and color. Metode used in this study is a qualitative method and the constructivist paradigm, semiotic approach. While data collection techniques using the techniques of data collection in-depth interviews, observations, literature studies and internet. The data analysis technique used is data collection, data reduction, the data display, and data verification. The results of the research and the discussion is a straight line matching combined with a form - the form of other lines produce beauty of form building in the brochure Cluster andalus and gray colors - mix and match with the color gray - other colors produce a beautiful building in a cluster Andalus Hal brochure shows the shape of the building Cluster Andalu and minimalist color brochure building on Cluster Andalus represents beauty.
Keyword: Public Relations Media, Representation
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relations Praktis.
Bandung : Widya Padjajaran
----------------------. 2011. Handbook of
Public Relations. Bandung : Sibiosa
Rekatama Media
----------------------. 2010. Metodologi Penelitian
untuk Public Relations : Kuantiitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.
Iriantara, Yosal dan Surachman A. Yani.
Public Relations Writing. Bandung :
Simbiosa Rekatama Media
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung : Rosda
Prayudi, SIP, MA. 2006. Penulisan Naskah Public
Relations. Yogyakarta : Andi
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.223
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.223.g194
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|