MAKNA IKLAN OREO VERSI “PILIH HANDPHONE ATAU OREO” (Studi Fenomenologi Iklan Oreo Versi “ Pilih Handphone atau Oreo” Menurut Mahasiswa BSI Bandung)

Raden Nuruliah Kusumasari

Sari


Abstract -  Meaning oreo ad version "select phone or Oreo" This study investigates how the significance and verbal and non-verbal messages contained in Oreo ad version "Invert Selection handhone or oreo" according to BSI students Bandung. The method used in this study is phenomenology Schutz by using the theory of symbolic interaction. The data obtained in this study obtained through observation, interviews, and literature. The results of the qualitative analysis in this study shows the meaning of oreo ad version "Invert Selection handhone or oreo" according to the informant was a father to the child's attention, the development of technologies that alter a person's behavior. Verbal message of this ad is about product advantages, while the non-verbal message that is contained in this ad is very diverse. That message gained them attention from a father, technology is changing the behavior of the parents, an indifferent father to his son. takes effect oreo, oreo identity, rapidly developing technology, and maintenance of good relationships with children. Conclusion of the study, meaning that forms on the ad version oreo "select Mobile or oreo" according to BSI Bandung diverse students. This diversity of viewpoints is caused due to the informant. Suggestions for advertising agencies to be more creative in order not to get hung up on stereotypes prevailing in the community. Trying to dig out creative advertisements from the actual reality.

Keywords: Advertising Meaning, verbal and non-verbal messages advertising.


Abstrak - Makna iklan oreo versi “pilih handphone atau Oreo” Penelitian ini menyelidiki bagaimana makna dan pesan verbal dan non verbal yang terkandung dalam iklan Oreo versi “ ilih handhone atau oreo” menurut mahasiswa BSI Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi Schutz dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Data-data yang didapatkan dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil analisis kualitatif pada penelitian ini menunjukkan makna iklan oreo versi “ilih handhone atau oreo” menurut para informan adalah perhatian seorang ayah terhadap anaknya, perkembangan teknologi yang mengubah perilaku seseorang. Pesan verbal dari iklan ini adalah tentang keunggulan produk, sedangkan pesan non verbal yang terkandung dalam iklan ini sangat beragam. Pesan itu diantaranya perhatian yang tidak didapat dari seorang ayah, teknologi mengubah perilaku orang tua, seorang ayah yang cuek terhadap anaknya. efek memakan oreo, identitas oreo, perkembanga teknologi, dan penjagaan hubungan baik dengan anak. Kesimpulan penelitian, pemaknaan yang terbentuk pada iklan oreo versi “pilih handPhone atau oreo” menurut mahasiswa BSI Bandung beragam. Keragaman ini disebabkan akibat sudut pandang informan. Saran untuk biro iklan untuk lebih kreatif lagi agar tidak terpaku pada stereotip yang berlaku dimasyarakat. Mencoba menggali kreatif iklan yang tidak keluar dari realitas yang sebenarnya.

Kata Kunci: Makna Iklan, Pesan verbal dan non verbal iklan
 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blumer, Herbert. 1969. Symbolic Interactionism. New Jersey: Prentice- Hall Inc.

Creswell, John W. 1994. Research Design, Quantitative & Qialitative Approaches. London: Sage Publication.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. London: Sage Publication.

Denzin and Lincoln. 2000. Handbook of Qualitative Research. London-thousand, Oaks-New Delhi: Sage Publication.

Hidayat, Dedy N. 2002. Materi penunjang perkuliahan metode penelitian komunikasi: paradigm dalam ilmu-ilmu social dan metode penelitian. Jakarta: Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia.

Hurlock, E. B. 1990. Develomental Psychology : a lifespan approach. Boston: McGraw-Hill.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi: Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Lindlof, Thomas R. 1995. Qualitative Communication Research Methods. Thousand Oaks-California, London-United Kingdom, New Delhi-India: Sage Publication, Inc.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mead, G. H. 1934. Mind, Self, and Sociaty: From The Perspective of a social Behaviorist. Ed. Charles W. Morris. Chicago: University Of Chicago Press.

Muhadjir. 2000. Metodologi Penelitian Kualitative. Yogyakarta: Yake Sarasin.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi, Penganta. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Pantau. Edisi April 2000

Patton, Michael Wuinn. 1987. Quality Evaluation Methods. Baverly Hils: Sage Publication.

Riswandi.2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santrok. J. W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja).

Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media.Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.219

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.219.g186



Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License