Pengaruh Penggunaan Deskripsi Singkat Berbahasa Inggris Pada Akun Instagram @Folkative Terhadap Efektivitas Penyampaian Informasi
Sari
Akun Instagram @folkative salah satu akun yang menyebarkan informasi seputar berita harian. @folkative menyebarkan informasinya menggunakan dua bahasa, bahasa Indonesia pada headline informasinya, sedangkan bahasa Inggris pada deskripsi singkatnya yang melengkapi lebih lanjut informasinya. Penggunaan deskripsi singkat berbahasa Inggris ini tentunya dapat menimbulkan kesalahpahaman atau miskomunikasi terhadap informasi yang diberikan karena terdapat faktor pembaca yang kurang menguasai bahasa Inggris dan merasa terlalu rumit jika harus menerjemahkannya terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan deskripsi singkat berbahasa Inggris dapat mempengaruhi efektivitas penyampaian informasi dalam akun Instagram @folkative. Penelitian menggunakan teori message design logic, dengan metode kuantitatif pendekatan survei, dan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan followers akun Instagram @folkative sebagai populasi dan menggunakan teknik sampling accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil perhitungan uji hipotesis menyatakan t hitung 16.014 > t tabel 1.948 yang mengartikan Ha diterima, dapat disimpulkan antara variabel X dan variabel Y memiliki pengaruh yang besar dan signifikan. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh tingkat pengaruh antar variabel senilai 72,4%, maka Penggunaan Deskripsi Singkat Berbahasa Inggris pada akun Instagram @folkative memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap Efektivitas Penyampaian Informasi, lalu angka koefisien regresi menyatakan nilai 0.767 (positif).
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adha Winoto Noer, & Hermintoyo. (2019). TANGGAPAN DALAM PEMAHAMAN INFORMASI PADA GAMBAR ILUSTRASI DI INSTAGRAM. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 301–310.
Astriani Rina, & Nanda Sendi Eka. (2022). THE EFFECT OF USING INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ON FOLLOWERS’ INFORMATION REQUIREMENTS IN FOLLOWING ACCOUNTS @FOLKATIVE. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1, 01–09. www.tekno.kompas.com
Fadhlan Muhammad Hanifan, & Putri K. Y. S. (2021). PENGARUH GAYA KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM FOLKATIVE TERHADAP ONLINE ENGAGEMENT (STUDI KASUS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019). Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 1–7.
Herdhianta Dhimas, Kremer Hendri, Mustikarani Innez Karunia, Djerubu David, Ardyanti Dian, Agustina Tri Siwi, Rizqi Muhammad, Tonapa Emelia, Dewi Ni Nyoman Sri Artina, Wardani Ratnaningtyas Wahyu Kusuma, Mulyono Tanto Trisno, Indriastuti Yudiana, & Wahyuni Sari. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi (Sukmawati Fatma, Ed.). PRADINA PUSTAKA. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Ilmu_Komunikasi/Y-B1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengantar+ilmu+komunikasi+herdhianta+2022&pg=PT4&printsec=frontcover
Kholifah Umi, & Sabardila Atiqa. (2020). Analisis Kesalahan Gaya Berbahasa Pada Sosial Media Instagram dalam Caption dan Komentar. NUSA, 15(3).
Kusumawardhani Adinda Shifa, Hadiprashada Dhanurseto, & Marlina Neneng Cucu. (2023). Motivasi Pemenuhan Kebutuhan Informasi Melalui Postingan Instagram @Folkative (Stui Fenomenologi Pada Remaja Akhir Hingga Dewasa Awal Di Kota Bengkulu). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5337
Maharani Nisa Aulia, Faradila, F., & Wahyunengsih. (2022). THE EFFECTIVENESS OF INSTAGRAM @FOLKATIVE SOCIAL MEDIA AS A MEANS OF INFORMATION FOR THE YOUNG GENERATION. Jurnal Visi Komunikasi, 21(02), 222–230.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2023). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, 1(2), 1–10. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Mastan Ryan, & Sukendro Gregorius Genep. (2023). Minimnya Kualitas Sumber Daya ManusiaIndonesiadalam Berpikir Kritis (Salah Satu Aspek dalam Komunikasi Periklanan)yang ditelti dari Komentar Unggahan Instagram. Koneksi, 7(1), 213–221. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/21259/14083
Morissan. (2021). TEORI KOMUNIKASI INDIVIDU HINGGA MASSA Edisi Revisi. KENCANA. https://books.google.co.id/books?id=DsM0EAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=true
Namira, A., Mono, U., & Perangin-angin, A. Br. (2022).Communication Style of Instagram Account Followed by Millennials. Pioneer: Journal of Language and Literature, 14(1), 269. https://doi.org/10.36841/pioneer.v14i1.1705
Oktavi, A., Mutiarani, Aswir, Novita, P., & Baneng, M. (2023). UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTION OF ENGLISH CAPTION “FOLKATIVE INSTAGRAM ACCOUNT” IN VOCABULARY MASTERY. Proceeding of International Seminar and Joint Research. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ISJR/-
Pratyaksa I Gede Titah, & Putri Niluh Wiwik Eka. (2020). NEW MEDIA SEBAGAI SARANA PENYULUHAN AGAMA HINDU OLEH DIGITAL NATIVE. DANAPATI: Jurnal Komunikasi, 1(1), 82–94.
Sugeng Bambang. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=T6RjEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=true
Virdaus Dony Rano. (2019). GAYA KOMUNIKASI DALAM BERITA TELEVISI (PRODUKSI PESAN PADA PROGRAM BERITA “POJOK KAMPUNG” JTV DAN PENERIMAAN PESAN DI KALANGAN MASYARAKAT JAWA TIMUR). Mediakita, 3(2), 163–178.
Wati, R., & Yuki, L. K. (2022). DAMPAK POSTINGAN INSTAGRAM TERHADAP KAIDAH BERBAHASA INDONESIA DAN PENILAIAN SOSIAL. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 91. https://doi.org/10.26418/ekha.v5i2.51820
Yonatan Agnez Z. (2023, May 29). Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023. STATISTIK. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/pengguna-instagram-berdasarkan-rentang-usia-2023-MEdzz#:~:text=Pengguna%20Instagram%20di%20tahun%202023%20didominasi%20oleh%20remaja%20dan%20dewasa,3%20dengan%2015%2C7%25.
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v11i1.21718
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v11i1.21718.g6449
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|