ANALISIS DESKRIPTIF PROGRAM MQTV SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Yaser Mubarok, Dasrun Hidayat

Sari


Abstract - This study aims to determine the existence of Propagation Media Television, the assessment focused on Programs at MQTV (Manajmen Qolbu TV) Bandung. A qualitative approach with descriptive analysis program constructivist paradigm. Informants consisted of managers MQTV, spectators and television experts as key informants . The results of this study revealed that MQTV Propagation Media Television which is consistent with the meaning as a medium of propaganda , seen in a series of programs presented. Programs, namely religious
programs as propaganda through television broadcasts, television is still prioritizing function, educate, entertain and inform . Although these programs are still considered to require creative, professional team to avoid monotony that adds to the appeal as Media Dakwah Television .

Keywords : Propagation Program Television , Media Dakwah
 
 
Abstrak -  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Media Dakwah Televisi, dengan fokus kajian pada Program-Program di MQTV (Manajmen Qolbu TV) Bandung. Pendekatan kualitatif analisis deskriptif program dengan paradigma konstruktivis. Informan penelitian terdiri dari pengelola MQTV, penonton dan pakar pertelevisian sebagai informan kunci. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa MQTV adalah Media Dakwah Televisi yang tetap konsisten dengan makna sebagai media dakwah, terlihat pada rangkaian program yang disajikan. Program-program yang disajikan, yakni program-program keagamaan sebagai dakwah melalui siaran televisi, tetap mengedepankan fungsi televisi yaitu, mendidik, menghibur dan memberikan informasi. Meskipun program-program tersebut dinilai masih membutuhkan tim kereatif yang professional agar tidak monoton sehingga menambah daya tarik sebagai Media Dakwah Televisi.

Kata kunci : Program Dakwah Televisi, Media Dakwah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Moh Aziz. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media

Darwanto, 2007, Televisi sebagai media pendidikan, 38

Denzin. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilaihi, Wahyu M.A. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung, Rosda.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Moleong, 2000, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nasution,. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sarantakos,S.1998. Social Research,2ndEd. South Melbourne: Macmillan Education Australia

Wahyu, 2010 Komunikasi Dakwah, Remaja rosdakarya, Bandung.

Penelitian

Mustika, Fanny Mega. 2012. Makna Iklan XL Versi Maafin Marwan (studi fenomenologi pelajar SMA di Kota Bandung Terhadap Iklan XL Versi Maafin Marwan). Skripsi. Universitas BSI Bandung

Ardhi, Yogyasmara.P. 2010. Wayang Kulit Sebagai Media Dakwah (studi pada wayang kulit ki suradi di Desa Pringapus Semarang). Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negri (UIN)

Ardhanari, Ifanda. 2008.. Televisi Sebagai Media Dakwah (Pengaruh Program Acara Sinetron Hikmah 3 Terhadap Akhlak Masyarakat Kelurahan Magersari Kecamatan Magersari Kota Mojokerto). Skirpsi. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

(www. wikipedia.com) diakses

http://fandyiain.blogspot.com/2010/05/perkembangan-dakwah-islam-melalui-media.html

(http://fud.iainbanten.ac.id/attachments/article/59/1.pdf).

(http://sulastomo. blogspot. com/2010/12/fungsi-dan-tujuan-komunikasi.html).

(http://ridhomfirdaus.blogspot. com/2013/02/bentukbentuk-

komunikasi.html).

(http://eprints.undip.ac.id/577/1/FILSAFAT METODE_PENELITIAN_KUALITATIF.pdf)




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.217

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.217.g184



Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License