MAKNA PUBLIC RELATIONS DI OZ RADIO BANDUNG
Sari
Keywords: Management of Public Relations, Public Relations, Radio
Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa makna Public relations di OZ Radio 103.1 FM Bandung dalam 3 kategori yang dijabarkan menurut teori yaitu Public relations sebagai Communications Facilitator, Public relations sebagai Problem Solving Facilitator dan Public relations sebagai Communications Technician. Penelitian ini diklasifikasikan ke dalam penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk mengembangkan teori. Bertujuan mengetahui makna public relations di OZ Radio 103.1 FM Bandung dan membandingkannya dengan teori yang digunakan. Metode yang digunakan adalah fenomenologi, dimana penelitian yang bertujuan mencari makna sebenarnya dari kedudukan seorang public relations. Penelitian ini memiliki ciri antara lain data yang dikumpulkan mula-mula disusun dan dijelaskan kemudian dianalisis mengenai makna public relations OZ Radio 103.1 Fm Bandung . Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna public relations di OZ Radio 103.1 FM Bandung masih disejajarkan dengan marketing department. Sehingga divisi PR OZ Radio 103.1 FM Bandung tidak menjadi koalisi dominan dan tidak duduk dileher struktur organisasi untuk bertindak sebagai fungsi manajemen. Kesimpulan penelitan, Public relation OZ Radio 103.1 FM Bandung mempunyai peran penting bagi perusahaan karena telah berperan sebagai Communication Facilitator, Problem Solving Process Facilitator serta Communications Technician. Saran Public relations OZ Radio 103.1 FM Bandung tidak semestinya turun langsung dan menjual produk dari kliennya, karena untuk penjualan produk seharusnya diambil alih oleh marketing. Karena tugas utama seorang public relations adalah sebagai building image, sedangkan tugas utama marketing adalah selling product.
Kata Kunci: Management Public Relations, Public Relations, Radio
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, Elvinaro, 2011. Handbook of
Public relations. Bandung : Simbiosa
Rekatama Media.
Argenti, Paul. 2010, Komunikiasi Korporat.
Jakarta : Salemba Humanika
Butterick, Keith, 2012. Pengantar Public
relations Teori dan Praktek. Jakarta : Raja
Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu
Komunikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Coulsin, Colin. 2005, Public relations
Pedoman Praktis Untuk PR. Jakarta :
Bumi Aksara.
Rakhmat, Jalaludin, 2009. Metode
Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Ruslan, Rosady, 2012. Manajemen Public
relations dan Media Komunikasi. Jakarta :
Raja Grafindo Persada.
Scott M. Cutlip & Glen M. Broom,
Effective Public relations. Jakarta : Indeks.
Soemirat dan Ardianto, 2008. Dasar Dasar
Public relations. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013, Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suparmo, Ludwig, 2011. Crisis Management
& Public relations Mengatasi Krisis,
Memulihkan Citra. Jakarta : Indeks.
Widjaja. 2002, Komunikasi dan
Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara. Company
Profile PT. Mitragamma Swara.
Bandung
http://rauchest.wordpress.com/2012/06/03/jurus-ampuh-pr-perusahaan- meredam-krisis/
http://testanirwana.wordpress.com/2010/05/11
/peran-public-relations-dalam-menangani-
krisis/
http://spidolbekas.wordpress.com/2011/08/01/komunikasi-dan-peran-public-relations/
http://ureport.news.viva.co.id/news/read/241733-peran-public-relations-dalam-komunikasi
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.214
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.214.g181
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|