Aktivitas Public Relations Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Dan Pendidikan Di Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo

Andhika Nurulizzah Adila, Azwar Munanjar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas public relations untuk meningkatkan daya tarik wisata dan pendidikan di Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu engelolah teknis bagian humas dan pemasaran Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo dan informan pendukung yaitu Pengelolah teknis bagian kurator. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekni keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian aktivitas public relations di Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo Jakarta untuk meningkatkan daya tarik wisata dan pendidikan sebagai berikut: (1) Meningkatkan kerjasama (2) Mengoptimalkan media sosial (3) seminar dan pameran (4) Memperbaiki Sarana dan Prasarana (5) Membangun Citra Museum sebagai sumber belajar.


Kata Kunci


Aktivitas Publuc Relation, Museum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanda M. Tingginehe1, J. O. W. & C. E. . W. (2014). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 25(1), 1–16. https://doi.org/10.5614/jpwk.2014.25.1.1

anggito, albi & Setiawan, J. (2018). Metedeologi penelitian kualitatif. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcove

Anshar, M. (2019). Electric Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi, 8, 200–2013. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/11327

Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.707

Budi, Y. P. S., Anjani, K. T., & Rakhman, A. S. (2021). Museum Kehutanan “Ir. Djamaludin Suryohadikusumo” Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Materi Sumber Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–8.

Erlistyarini, Y. (2018). Pr Online : Studi Tentang Strategi Public Relations Pada Kegiatan Media Online Di Pemerintah. Jurnal Universitas Airlangga, 1–6.

Fery, H. (2017). POLA KOMUNIKASI POLITIK KIAI PASCA PEMILIHAN PRESIDEN 2014 (Studi pada Kiai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kab. Pasuruan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2014, 58–65.

Hadi, S. (2019). Manajemen Sarana dan Prasaran Penjasorkes di SD Negeri Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 57.

Khatijah, arfianti S. (2017). aktivitas public relations untuk meningkatkan daya tarik wisata dan pendidikan di museum H,M.Soeharto. Skripsi. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/adp-s1/article/view/8770

L.M.Azhar Sa’ban, Ilwan, R. (2023). Promotion tourism wawoangi village. 4(2), 167–177.

Laberge, Y. (2003). International Council of Museums (icom), Répertoire. Journal de La Société Des Océanistes, 2017(116), 114–115. https://doi.org/10.4000/jso.1216

Ndraha, A. B., Telaumbanua, Y., & Toyib, H. (2022). Kolaborasi Sumber Daya Manusia Dalam Pencapaian Target Dan Sasaran Kinerja Lkpj Pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Nias. Collaborative of Human Resources in Achieving Lkpj Targets and Performance Goals At Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan of Nias Regency, 10(4), 1508–1516.

Purba, B. (2020). Pengaruh Public Relations Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa Di Bandara Internasional Kualanamu Kab. Deli Serdang. Network Media, 1(1). https://doi.org/10.46576/jnm.v1i1.604

Putra, effid laksana. (2015). Aktivitas public relations untuk meningkatkan daya tarik wisata,pendidikan dan budaya di museum benteng vredeburg daerah istimewa yogyakarta. file:///C:/Users/hp/Documents/referensi skripsi/SKRIPSI Effid Laksana Putra.pdf

Raturoma, J. M. A., & Wijaya, L. S. (2019). Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Taman Wisata Candi Borobudur. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 114–125. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i2.916

Utomo, I. W., & Hidayat, S. F. (2020). Strategi Humas Museum Kehutanan Manggala Wanabakti Jakarta Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Museum. Jurnal Public Relations (J-PR), 1(2), 139–144. http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/500




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.18941

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.18941.g6334

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License