Brand Personality Malboro

Veny Purba

Sari


ABSTRAK

Komunikasi adalah salah satu kegiatan manusia yang tak pernah berhenti. Setiap saat manusia sebagai mahluk sosial selalu berkomunikasi dengan yang lainnya baik itu secara verbal maupun non-verbal, secara tatap muka maupun melalui medium. Disadari maupun tidak, iklan telah menjadi salah satu proses komunikasi antara pengiklan dengan khalayak sasarannya melalui media tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana visualisasi iklan dalam media cetak membangun kepribadian merek dari produk tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa visualisasi yang ditampilkan oleh pengiklan mampu megkonstruksi penerimaan khalayak sasaran terhadap maksud dan tujuan iklan tersebut, karena visualisasi dalam iklan mewakili ideologi-ideologi dari perusahaan pengiklan maupun biro periklanan melalui produknya.

 

Kata Kunci: Periklanan, Kepribadian merek, Komunikasi, Semiotika, Visualisasi

 

ABSTRACT

Communication is one human activity that never stops. Every moment humans as social creatures communicate with each other, verbally or non-verbally in face to face communication or through a medium. One of them is commercial, a communication between an advertising agent and its target market through the media. The purpose of this research is to know how the visualization of an ad in print media can establish the brand personality of the product itself, The research shows that visualization in a commercial establishes the perception of the target market about the meaning and purpose of the advertising itself because visualization in a commercial represents the idea of the company or advertising agent itself.

 

Keywords: Advertising, Brand personality, Communication, Semiotics, Visualization.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eco, Umberto. (1979). A Theory of Semiotics. USA : Indiana University Press

Fiske, John. (2005). Cultural and Communication Studies : Sebuah pengantar paling komprehensif. Yogyakarta : Jalasutra

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Grafiti PAU Ekonomi UI.

Moleong, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ouwersloot, Hans dan Anamaria Tudorica. (2001). Brand Personality Creation Through Advertising. http://www.profmarketing.com.

Sobur, Alex. (2001). Analisis Teks Media. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1792

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1792.g1440



Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License