Implementasi CSR PT PELNI Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Melalui Taman Baca PELNI
Sari
ABSTRAK
Literasi membaca merupakan kemampuan manusia dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Literasi membaca perlu dibangun didunia pendidikan di Indonesia. Data dari UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang gemar membaca sehingga di perlukan Gerakan Indonesia Membaca, yang merupakan ikhtiar kolektif bangsa Indonesia dalam memberantas generasi nol buku. PT PELNI (Persero) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya literasi membaca terbentuk melalui program dan kegiatan yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL). Implementasi Corporat Sosial Responsibility dan Program Kemitraan Bina Lingkungan dengan dibukanya Taman Baca Pelni, di SMP Negeri 34 Banda Neira. Maluku Tengah, untuk meningkatkan minat baca para pelajar khususnya di wilayah 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Perbatasan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi CSR PT PELNI dalam upaya meningkatkan literasi membaca melalui taman baca PELNI. Metodologi penelitian menggunakan metodologi kualititatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan taman baca buku PELNI dapat meningkatkan literasi membaca pelajar dan masyarakat Banda Neira. Dengan demikian PT PELNI memperhatikan kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Literasi Membaca
ABSTRACT
Reading literacy is a human ability to gain knowledge. Reading literacy needs to be built in the world of education in Indonesia. Data from UNESCO states that the reading interest of the Indonesian people is only 0.001 percent. This means that out of 1,000 Indonesians, only 1 person likes to read, so the Indonesia Reading Movement is needed, which is the collective effort of the Indonesian people to eradicate the zero book generation. PT PELNI (Persero) in an effort to improve community welfare, especially reading literacy is formed through programs and activities that are part of corporate social responsibility (CSR) and the Community Development Partnership Program (PKBL). Implementation of Corporate Social Responsibility and the Community Development Partnership Program with the opening of the Pelni Reading Gardens, at SMP Negeri 34 Banda Neira. Central Maluku, to increase students' interest in reading, especially in the 3TP areas (Disadvantaged, Frontier, Outermost and Borders). The purpose of this research is to describe the implementation of PT PELNI's CSR in an effort to increase reading literacy through the PELNI reading garden. The research methodology uses a qualitative methodology with a case study method. Methods of data collection through literature and observation. The results of the study showed that the PELNI book reading garden could increase the reading literacy of students and the people of Banda Neira. Thus PT PELNI pays attention to the welfare of the community in increasing interest in reading and knowledge.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Reading Literacy
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
REFERENSI
Anatan, L. (2009). Corporate Social Responsibility ( CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha Christian University, 8(2),. majour.maranatha.edu/index.php/jurnalmanajemen/article/view/220
Ardianto. Elvinaro Dindin M Machfudz. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR,. Kompas Gramedia,.
Dena Intan Widiyanti, M. M. L. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “Pojok Baca” PT Pertamina EP Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. SCRIPTURA, Vol. 11, N, 85–95.
Djaelani, A. R. (2013). Teknik Penggumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatatif. XX.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.
Ilham, B. U. (2022). Harbuknas 2022 : Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara. Bisniskumkm.Com. https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70-negara/
Kasih, A. P. (2020). Asesmen Nasional 2021, Apa Itu Literasi Membaca dan Literasi Matematika?". Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/26/160845671/asesmen-nasional-2021-apa-itu-literasi-membaca-dan-literasi-matematika?page=all.
Kemdikbud. (2016). Gerakan Indonesia Membaca: “Menumbuhkan Budaya Membaca.” Kemdikbud. PAUDNI, Dirjen. www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/8459.html
Kominfo dan UNICEF. (2014). Kebanyakan Anak Indonesia sudah online, namun masih banyak yang tidak menyadari potensi resikonya. Kominfo.
Kriyantono, R. (2006). Kriyantono, Rachmat, 2006, Teknik Riset Komunikasi PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Moleong, Lexy, J. (2002). Moleong, Lexy, J, c Metode Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya, Bandung. Remaja Rosda Karya,.
Ningrum, A. O. C. (2015). Ningrum, Aminah Oktavia Cahaya, 2015) Analisis Pengamen Jalanan Di Kota Surakarta (Studi kasus Pengamen Jalanan di Kota surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Analisis Pengamen Jalanan Di Kota Surakarta (Studi Kasus Pengamen Jalanan Di Kota Surakarta).
Pawito. (2008). Pawito, 2008, Penelitian Komunikasi Kualitatif, LKIS, pelangi, Aksara, Yogyakarta. LKIS, pelangi, Aksara,.
PT. Pelni (2022). PT Pelni. https://www.pelni.co.id/cfind/source/files/gcg/sr pelni 2020.pdf
Radarkudus.jawapos.com. (2019). Literasi Membangun Budaya Tak Sekadar Membaca. Radarkudus.Jawapos.Com. https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/10/31/163840/literasi-membangun-budaya-tak-sekadarmembaca
Ruslan, R. (2011). Ruslan, Rosady, 2011, Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi cetakan ke 5 rajawali pers Jakarta (cetakan ke). rajawali pers Jakarta.
Widodo, S. (2015). Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Melatih Kemampuan Literat Siswa di Sekolah Dasar, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Impl ementasi Pembelajaran Abad 21.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Zakky. (2022). Pengertian Implementasi menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum. KBBI. https://www.zonareferensi.com/pengertianimplementasi/html.)
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.15564
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.15564.g5988
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|