Efektivitas Iklan Cetak Mobil Listrik Nissan Leaf One Tone EV di Indonesia

Jusuf Fadilah, Kheisa Amitabhayu

Sari


Perkembangan dunia otomotif khususnya kendaraan listrik semakin maju dan pesat baik secara nasional maupun skala global. Nissan Leaf One Tone EV merupakan kendaraan tanpa emisi yang merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility serta filosofi dari Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat serta menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas sebesar 40 kWh, pengisian ulang daya baterainya yang mudah dengan menggunakan home charger (AC 7.4 kw) yang membutuhkan waktu 5-7 jam hingga daya baterai terisi penuh.  Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan cetak Nissan Leaf One Tone EV dengan metode penelitiannya menggunakan metode paradigma positivis, pendekatan kuantitatif, dan bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dan metode pengumpulan penelitian menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada mahasiswa/i Universitas Bina Sarana Informatika dengan jumlah kuesioner sebanyak 30 orang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan iklan cetak Nissan Leaf One Tone EV termasuk dalam kategori sangat efektif dengan hasil akhir dari EPIC ratenya adalah 4.70, yang menunjukkan bahwa iklan cetak mobil listrik Nissan Leaf One Tone EV telah memiliki dampak bagus bagi audiensnya.


Kata Kunci


Nissan Leaf One Tone EV, kuantitatif, EPIC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahdiat, Adi. 2022. Tren Penjualan Mobil Listrik di RI Tetap Kuat pada Oktober 2022. Link: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/22/tren-penjualan-mobil-listrik-di-ri-tetap-kuat-pada-oktober-2022 Akses: Senin, 12 Desember 2022.

Alfarizi, Moh. Khory. Rosana, Francisca Christy. 2022. Tren Pemakaian Kendaraan Listrik Naik, Energy Watch: Harga dan Desain Perlu Diperhatikan. Link: https://bisnis.tempo.co/read/1646486/tren-pemakaian-kendaraan-listrik-naik-energy-watch-harga-dan-desain-perlu-diperhatikan Akses: Senin, 12 Desember 2022.

Durianto, Darmadi. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif: Strategi, Program, Dan Teknik Pengukuran. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hintze, Stephanie. 2015. Value Chain Marketing. Springer: London.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Rajagrafindo Persada.

Kotler, Philip;, and Gary Amstrong. 2018. PRINCIPLES OF MARKETING. 17th Global. PEARSON EDUCATION LIMITED.

Kotler, Philip;, and Keller, K.L. 2006. Marketing Management, twelfth Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell & William Wells. 2015. Advertising. Edisi Kedelapan. Cetakan ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Shimp, A. Terence, and J. Andrews, Craig. 2015. Advertising, Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v9i2.14945

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License