Efektivitas Penggunaan Jasa Gosend Go-Jek Indoneisa Dengan Metode EPIC Model (Studi Pada Warga RW.08, Setu, Kabupaten Bekasi)

Jusuf Fadilah, Widarti Widarti, Dina Andriana

Sari


Banyak aktivitas masyarakat yang harus dibatasi agar masyarakat dapat beraktifitas di rumah saja saat ini. Dengan kondisi tersebut, bisnis E-commerce atau UMKM Online menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Layanan Gosend Go-Jek Indonesia menggunakan media iklan internet dan televisi dengan bertujuan untuk dapat memperkenalkan promo dan layanan yang dapat menarik minat pelanggan sehingga mendapatkan target pasar dalam pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kegunaan dan penilaian kepuasan terhadap layanan Gosend Go-Jek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dari Januari – Maret 2022 dan dalam penyelesaian penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden melalui google form dan dianalisis menggunakan metode EPIC model. Berdasarkan hasil responden respon iklan Gosend  Go-Jek Indonesia dengan menggunakan metode epic model diketahui bahwa pada dimensi empathy memiliki skor tertinggi dengan 3,93 dan yang terendah pada dimensi impact yaitu dengan skor 3,71, Berdasarkan analisis dengan metode Epic Model didapat nilai sebesar 3,8. Jika nilai tersebut dimasukan ke dalam tabel, maka akan masuk dalam kategori iklan yang baik.

Kata Kunci: E-Commerce, Gosend, EPIC Model.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahyuningtias, Dianka, Trias Septyoari Putranto, and Raden Nana Kusdiana. "Uji Kesukaan Hasil

Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh." BINUS Business

Review 5.1 (2014): 57-65.

Susilana, R. MODUL 6 POPULASI DAN SAMPEL 6 POPULASI DAN SAMPEL 6 POPULASI DAN

SAMPEL.

NIM, S. B. P. A. PERLINDUNGAN TERHADAP PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE

(GOJEK) DALAM MENGGUNAKAN FITUR GOSEND PADA APLIKASI GOJEK DI

PONTIANAK. Jurnal Fatwa Hukum, 3(3).

Roziq, F. (2016). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa

Layanan Pengiriman Barang JNE Pendowo Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).

Yuliana, Y. (2020). Keputusan Konsumen Memilih Jasa Transportasi Go-Jek. ISLAMIC BUSINESS

and FINANCE (IBF), 1(1).

https://money.kompas.com/read/2020/08/26/191000926/ada-pandemi-corona-layanangosend-

naik-hingga-90-persen?page=all (28 Januari 2022)

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/45288/uu-no-8-tahun-1999 (25 Januari 2022)

https://www.gojek.com/id-id/ (3 November 2021)

https://repository.sthb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=534&keywords=#:~:text=Search-

,PERLINDUNGAN%20HUKUM%20JUAL%20BELI%20ONLINE%20(E%2DCOMMERC

E)%20MELALUI%20TOKOPEDIA,TAHUN%201999%20TENTANG%20PERLINDUNG

AN%20KONSUMEN (1 februari 2022)

https://www.suara.com/tekno/2022/01/28/190808/gojek-pengguna-layanan-gosend-naik-116-

selama-2021 (1 Februari 2022)

https://seller.shopee.co.id/edu/article/3534 (1 Februari 2022)

https://www.grabinaja.com/apa-itu-grabexpress/ (1 Februari 2022)

Morissan. 2012. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

RISET, A. J. J. D. DESAIN DAN METODE RISET PEMASARAN.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi Covid-

Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19(1), 76-86.

Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12700

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12700.g5442

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License