Melacak Praktek Komunikasi untuk Perubahan Sosial pada Debat Kompetitif: Studi Kasus pada Seleksi Peserta LDBI 2021

Meganusa Ludvianto, Citra Dewi Harmia

Sari


Prinsip komunikasi untuk perubahan sosial berpusat pada proses pemberdayaan secara partisipatif melalui komunikasi. Dalam tulisan ini, kami melakukan studi awalan untuk memahami komunikasi untuk perubahan sosial dalam kegiatan Seleksi Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2021. Studi ini kami lakukan dengan mempertimbangkan adanya prinsip komunikasi partisipatif pada kegiatan yang menekankan adanya deliberasi dan ruang untuk berekspresi.

 

Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi, ditemukan tingkat kemampuan yang beragam dalam kegiatan LDBI. Beberapa siswa menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam analisis logika, argumentasi dan penyampaian. Namun, terdapat pula beberapa siswa yang terlihat belum begitu menguasai esensi debat Bahasa Indonesia secara keseluruhan. Ditemukan pula kesenjangan yang cukup signifikan dalam aspek kemampuan berbicara siswa dari beberapa wilayah. 

 

Dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa debat sesungguhnya memiliki peran penting dalam proses perubahan sosial dan edukasi politik, serta pemberdayaan kemampuan berbicara bagi siswa. Meskipun demikian, studi ini butuh didukung dengan penelitian lanjutan untuk memperoleh gambaran yang utuh mengenai debat dan manfaat pemberdayaannya.


Kata Kunci


Komunikasi untuk perubahan sosial; conscientisation; pemberdayaan; debat parlementer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alasmari, A., & Salahuddin Ahmed, S. (2012). Using Debate in EFL Classes. English Language Teaching, 6(1), p147. https://doi.org/10.5539/elt.v6n1p147

Bailey, J., & Molyneaux, G. (2008). GUIDE TO SCHOOLS’ DEBATING (2nd ed.). Oxford Union.

Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th ed). Pearson Longman.

Direktorat PSMA. (2019). Pedoman LDBI 2019. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Pedoman%20LDBI%202019(1).pdf

Fine, A. G. (2004). ADOLESCENCE AS CULTURAL TOOLKIT: High School Debate and the Repertoires of Childhood and Adulthood. Sociological Quarterly, 45(1), 20.

Freire, P. (2009). Chapter 2 from Pedagogy of the Oppressed. Race/Ethnicity: Multidisciplinary Global Contexts, 2(2), 163–174.

Jogja Debating Forum. (2014). Handbook for Competitive Debating: Asian Parliamentary Format (3rd ed.). Jogja Debating Forum. https://debate.uvm.edu/dcpdf/JDF_Handbook_for_Asian_Parliamentary_Third_Edition.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017, June 14). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21

Mirra, N., & Pietrzak, G. (2017). An Undeniable Force: Supporting Urban Middle School Students as Scholars and Citizens through Debate. Voicces from the Middle, 24(3). https://cdn.uc.assets.prezly.com/5b6b4920-cc09-4bf5-aea5-bf0958708d44/-/inline/no/mirra-pietrzak-2017.pdf

Nurainun, Jennah, A., & Jamaluddin. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ACTIVE DEBATE DAN METODE DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU. Jurnal Katalogis, 4(10), 184–190.

Pusat Prestasi Nasional. (2021). Pedoman Pelaksanaan LDBI NSDC 2021. Pusat Prestasi Nasional. https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2021/05/10/pedoman-ldbi-dan-nsdc-2021-jenjang-sma/

Quarry, W., & Ramírez, R. (2009). Setting the Scene. In Communication for Another Development: Listening Before Telling. Zed Books. https://www.researchgate.net/publication/263580795_Communication_for_Another_Development_Listening_Before_Telling

Rohadi, R. (2020). English Debate Technique in Senior High School in Improving Student’s Speaking Ability and Applying Knowledge Insight. Journal of English Education Studies, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.30653/005.202031.57

Susandi, N. K. A., Hakim, F., & Suryanti, N. W. N. (2017). Jargon in English Parliamentary Debating. Challenges and Opportunities InMulti-Dimensional English Language Teaching in Changing EFL Contexts. Fifth International Seminar on English Language and Teaching (ISELT-5), Padang.

Wulandari, A. (2017). Students’ Perception on the Use of Debate Activities in Improving Students’ Speaking Skills in SMAN 8 Yogyakarta [Universitas Sanata Dharma]. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/11786

Yuyun, I., & Putri, S. M. (2016). ARGUMENTS IN UNIVERSITY-LEVEL DEBATING: SUBJECTIVE OR OBJECTIVE. Journal of Language and Literature, 16(01), 29–35. https://doi.org/10.24071/joll.2016.160104

Zulfahmi. (2017). FACTORS THAT AFFECT STUDENTS’ SUCCESS IN ENGLISH DEBATES. English Education Journal, 8(2), 137–148.

Zwarensteyn, E. C. (2012). High School Policy Debate as an Enduring Pathway to Political Education: Evaluating Possibilities for Political Learning [Grand Valley State University]. https://scholarworks.gvsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1034&context=theses




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v8i2.11009

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License