Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Transportasi Online Dengan Metode Simple Additive Weighting

Devara Putra Aryasa, Magdalena Ariance Ineke Pakereng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat citayam lebih sering menggunakan gojek atau grab. Dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang di alami, dengan melakukan menyebarkan kuesioner ke masyarakat Citayam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan membandingkan tingkat peminat customer daerah citayam dalam memilih gojek dan grab. Dalam hal ini masyarakat mayoritas memilih grab dari pada gojek, bahwa gojek harus ditingkatkan karena memiliki nilai preferensi 0.94 dan grab memiliki nilai preferensi yaitu 0.95

Keywords


metode saw, transportasi, teknologi

References


Agetia, A., Hendra, G., L, L. H., & Hariyanti. (2020). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Penliaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Universitas XYZ. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIK), 5(1), 6–12.

Dian, C. O. (2019). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan Go-Jek dan Grab (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna …. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6200/

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107–116. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Indonesia, K. K. dan I. R. (2014). Kemkominfo : Penggunaan Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Berita Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.

Indonesia, K. K. R. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Di Asia. Sorotan Media Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.

Manahan, O. (2016). Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Dengan Metode Saw Pada PT ISS Indonesia Cabang Medan. Jurnal Matik Penusa, 19(1), 44–52.

Natalia, K. V. (2018). Analisis Perbandingan Persepsi Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen Go-Jek Dan Grab. https://repository.usd.ac.id/30428/

Ningrum, T. W., Valentina, S., & Dafid. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan dengan Metode SAW pada PT. XYZ. Jatisi, 3(1), 73–84.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TeknoIf, 7(1), 32. https://doi.org/10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39

Rinaldhi, G. E. (2011). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) Pada SMA Negeri 1 Subah Kab. Batang. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 1–9.

Saipurrohman. (1392). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGANAN GOJEK DAN GRAB DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Jurusan Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intaan Lampung). معرفت ادیان, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.

Taslim, W. S. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap jasa angkutan online di pontianak (studi kasus: gojek vs grab). 3(1), 13–18.

Thoybah, Akhmad Suharto, P. W. (n.d.). PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN GOJEK DAN GRAB PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v8i2.9727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License