Implementasi E-Complaint Mahasiswa dan Civitas Akademika Berbasis Client Server

Dwi Yuny Sylfania, Eza Budi Perkasa, Fransiskus Panca Juniawan

Abstract


Fasilitas akademik dan non akademik, infrastruktur IT dan jaringan, dan sumber daya manusia telah disediakan bagi mahasiswa dan civitas akademika untuk mendukung perkuliahan.  Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, fasilitas tersebut mengalami kendala dan penurunan kualitas.  Selama ini, mahasiswa, dan civitas akademika menyampaikan keluhan melalui kotak saran, dan grup di whatsapp.  Namun, sarana tersebut dinilai kurang efektif karena keluhan terkadang bersifat menyimpang sehingga mengganggu anggota grup lainnya.  Oleh karena itu, diperlukan adanya aplikasi yang mampu menampung segala bentuk keluhan.  Penelitian ini menggunakan model waterfall dengan konsep client server.  Mahasiswa dan civitas akademika berperan sebagai client, memilih bidang keluhan dan mengirimkannya melalui smartphone Android.  Pihak terkait berperan sebagai server dan menerima keluhan melalui smartphone Android dan mencetak laporan keluhan melalui halaman web.  Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa dan civitas akademika dapat menyalurkan segala bentuk keluhan pada aplikasi yang terpusat dan terintegrasi, sehingga dapat ditangani dengan baik dan cepat, serta pihak terkait memiliki laporan sebagai bahan evaluasi guna memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa dan civitas akademika. Hasil dari pengujian blackbox menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik sesuai dengan fungsionalitasnya.


Keywords


Keluhan, Client Server, Android

References


Afriansyah, J. Y. (2013). Dear Customer, I Hate You! Jakarta Pusat: Elex Media Komputindo.

Aris, A., Maryanih, M., & Arrianti, S. R. (2019). Aplikasi Pelayanan Pengaduan Maintenance Divisi Teknik Berbasis Android Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal Cerita, 5(1), 68–75.

Ferdiansyah, M. S., Jasri, M., & Widjianto, W. (2016). Aplikasi Quick Response Dalam Melayani Pengaduan Kerusakan Sarana STT Nurul Jadid Berbasis Android Dan Web. Prosiding SENTIA, 8, 152–157. Retrieved from https://prosiding.polinema.ac.id/sentia/index.php/SENTIA2016/article/viewFile/32/27

Jumardi, A., & Solichin, A. (2016). Metode Agile Extreme Programming. Jurnal Telematika MKOM, pp. 81–83.

Kurniawan, R., & Alfiarini, A. (2019). Perancangan E-Complaint Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Dinas Kesehatan Lubuklinggau Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Ilmiah Binary, 01(01), 15–23.

Novianti, R., & Krisdiawan, R. A. (2019). Implementasi Algoritma Floyd Warshall Pada Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 13(1), 41–50.

Pane, S. F., Zamzam, M., & Fadillah, M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Jakarta: Kreatif.

Pemerintah Indonesia. (1961). Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1961. Retrieved from https://m.hukumonline.com/pusatdata/detail/21132/node/939/uu-no-22-tahun-1961-perguruan-tinggi#

Pratama, A. Y., Prabowo, I. A., & Normassari, A. (2017). Aplikasi Pengaduan Masyarakat Untuk Melaporkan Kejadian Pungutan Liar Di Kabupaten Kudus Berbasis Android. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 399–404. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1119

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Satria, I., Hadi, A., & Kurniadi, D. (2018). Aplikasi Pengaduan Masyarakat Kota Padang Berbasis Android. Jurnal Voteknika, 6(2), 29–36.

Sylfania, D. Y., Juniawan, F. P., Laurentinus, L., & Pradana, H. A. (2019). SMS Security Improvement using RSA in Complaints Application on Regional Head Election’s Fraud. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 7(3), 116–120. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.7.3.2019.116-120

Yuwono, B., Simanjuntak, O. S., & Wijaksono, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Mobile Pada Pelayanan Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Rangka Tanggap Respon Informasi dan Keluhan Dari Masyarakat. Jurnal Telematika, 14(2), 136–142.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.8919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License