Audit Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Capability Maturity Model Integration (CMMI) Maturity Level 3

Arief Deswandi, Barda Hudaya

Abstract


Dalam proyek pengembangan perangkat lunak yang baik harus memiliki hasil dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kualitas produk perangkat lunak yang dikembangkan menjadi sangat penting bagi perusahaan pengembang perangkat lunak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa masalah-masalah serta mengukur tingkat kematangan tentang kemampuan perusahaan selama proyek pengembangan berlangsung, terutama apabila perusahaan dengan sumber daya terbatas akan merasa kesulitan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak yang dihasilkan. Dalam penelitian ini akan digunakan metode Capability Maturity Model Integration (CMMI) level 3 yang merupakan pendekatan model dalam menilai skala kematangan sehingga dapat diketahui pada area proses mana saja yang telah memenuhi standar dan area proses mana yang masih belum memenuhi standar. Untuk melakukan penilaian digunakan SCAMPI-C dengan PST Tool pada 5 (lima) area proses pada CMMI level 3. Penilaian didasarkan pada kuesioner dan pengamatan dokumentasi proyek pada proses pengembangan perangkat lunak yang juga mendukung proses perbaikan. Penilaian kemudian dianalisis menggunakan Analisis Pareto untuk menentukan prioritas perbaikan. Proses pengembangan perangkat lunak yang sudah baik dari 5 (lima) area proses yang dianalisa adalah pada area proses OPD (Organizational Process Definition), OT (Organizational Training), dan PI (Product Integration). Sedangkan area proses yang belum memenuhi standar CMMI dan perlu diperbaiki secara skala prioritas terdapat pada area proses OPF (Organizational Process Focus), dan RD (Requirement Development) dengan nilai kumulatif 44% untuk OPF dan 68% untuk RD.


Keywords


Audit Sistem Informasi

References


W. Widodo, "Evaluasi Proses Pengembangan Perangkat Lunak pada Virtual Team Development Menggunakan CMMI Versi 1.3," Jurnal Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 1140-1148, Jan 2016.

CMMI Product Team, "CMMI for Development Version 1.3," Carnegie Mellon University, Hanscom, 2010.

J.-C. Liou, "On Improving CMMI in an Immature World of Software Development," Journal of Information Science and Engineering, 2011.

Kautsarina, "Penilaian Tingkat Kematangan Tiga Proses Area Level 2 CMMI Versi 1.2 pada Small Independent Software Vendor di Indonesia (Studi Kasus: Inovasia)," Widyariset, vol. 14, no. 3, pp. 665-674, 2011.

I. Sommerville, Software Engineering Ninth Edition, Boston: Addison- Wesley, 2011.

T.G. Oslon et.al, "A Software Process Framework for the SEI Capability Maturity Model: Repeatable Level," Software Engineering Institute, Pittsburgh, 1993.

R. Kneuper, CMMI Inproving Software and System Developmen Processing Using Capability Maturity Model Integration (CMMI-Dev)., Santa Barbara: Rockynook, 2008.

W. Hayes, G. Miluk, L. Ming and M. Glover, Handbook for Conducting Standard CMMI Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI) B and C Appraisals, Version 1.1, Hanscom: Carnegie Mellon University, 2015.

"PIID and SCAMPI Tool (PST)," 2016. http://www.kneuper.de/English/PIID-SCAMPI-Tool/. [Accessed 12 May 2016]

D. Haughey, "Pareto Analysis Step by Step," 2016. https://www.projectsmart.co.uk/pdf/pareto-analysis-step-by-step.pdf. [Accessed 01 August 2016].




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.8231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License