Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS di PT Visionet Data Internasional

Ramos Somya, Andre Wahyudi

Abstract


PT Visionet Data Internasional merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang penyedia layanan pengelola IT di Indonesia. Atas capaian prestasi tersebut, perusahaan membutuhkan karyawan dengan kualitas yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun pada kenyataannya, masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam proses perekrutan karyawan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti banyaknya kriteria penilaian yang menjadi tolak ukur dalam proses penerimaan karyawan. Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah membuat sistem pendukung keputusan yang menerapkan salah satu metode MCDM. TOPSIS merupakan metode MCDM yang dapat digunakan pada sistem pendukung keputusan tersebut. Metode ini memberikan kelebihan konsep yang sederhana dan mudah dipahami, komputasi yang efisien dan dapat mengukur kinerja relatif dari alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Pada penelitian ini dirancang sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan alternatif keputusan dalam proses rekrutmen karyawan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh Admin HRD untuk membantu proses rekrutmen karyawan.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, MCDM, Metode TOPSIS, Perekrutan Karyawan, Web

References


Afrisawati. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai di STMIK Royal Metode Simple Additive Weighting, V(1), 1–8.

Balioti, V., Tzimopoulos, C., & Evangelides, C. (2018). Multi-Criteria Decision Making Using TOPSIS Method Under Fuzzy Environment . Application in, 1–8. https://doi.org/10.3390/proceedings2110637

Majumder, M., & Saha, A. K. (2016). Impact of Climate Change on Hydro-Energy Potential. https://doi.org/10.1007/978-981-287-305-7

Murnawan, & Siddiq, A. F. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), 4(1), 398–412.

Muzakkir, I. (2017). Penerapan Metode TOPSIS untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa ii, 9, 274–281.

Nugroho, S. (2019). Object Oriented Analysis.

Rianto, B. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Studi Kasus : RB . Nilam Sari Tembilahan, 2(2), 29–38.

Somya, R., & Wardoyo, R. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Asisten Dosen Menggunakan Kombinasi Metode Profile Matching dan TOPSIS Berbasis Web Service, 5(1), 44–50.

Syafrizal, M. (2010). Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System), 11(3), 77–90.

Widianto, A. T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Karyawan Terbaik Pada PT Tembaga Mulia Semanan Dengan Metode TOPSIS.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.8018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License