Aplikasi Pembelajaran Huruf Hangeul Berbasis Android
Abstract
Masuknya Budaya Korea Selatan ke Indonesia, ketertarikan terhadap budaya Korea Selatan membuat masyarakat Indonesia ingin mempelajari segala sesuatu tentang Korea Selatan, seperti mempelajari bahasanya, bahasa Korea sendiri memiliki huruf yang berbeda dengan huruf yang kita gunakan, huruf yang digunakan dalam bahasa Korea Selatan adalah huruf Hangeul. Dengan adanya perbedaan huruf ini membuat kesulitan dalam mempelajari bahasanya, karena sebelum mempelajari bahasanya kita harus mengetahui terlebih dahulu huruf dan cara membacanya. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah perancangan dan pengembangan aplikasi pembelajaran huruf Hangeul berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman C# (C Sharp). Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu metode waterfall. Dengan kecanggihan teknologi komunikasi yang mana hasil dari penelitian ini mampu membuat perubahan dan menghasilkan inovasi, aplikasi pembelajaran huruf Hangeul berbasis Android ini menjadi solusi yang dapat memperbaiki kesulitan yang ada untuk mereka yang ingin belajar huruf Hangeul agar efisien dalam penggunaannya dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam mempelajarinya.
The entry of South Korean Culture into Indonesia, the interest in South Korean culture makes Indonesian people want to learn everything about South Korea, such as learning the language, Korean itself has letters that are different from the letters we use, the letters used in South Korean are Hangeul letters. This difference in letters makes it difficult to learn the language, because before learning the language we must know the letters first and how to read them. The purpose of writing this research was the design and development of Android-based Hangeul letter learning applications using the C # (C Sharp) programming language. The software development method used was the waterfall method. With the sophistication of communication technology where the results of this research were able to make changes and produce innovation, this Android-based Hangeul letter learning application was solution that could improve the existing difficulties for those who wanted to learn Hangeul letters to be efficient in their use and did not to spend much time in learning them.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A.S., Rosa dan M. Shalahuddin. (2016).
Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur
dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Kurniawan., Andry. (2014). Rekayasa Perangkat
Lunak Aplikasi Penjualan Pada
Toko Story Time Factory Outlet Menggunakan Pemrograman JAVA, Hal 3. Universitas Andalas.
Gani, Akbar & Marlinda, Linda. (2017). Aplikasi
Pembelajaran Trigonometri
Berbasis Shuffle. Jurnal Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Teknik Komputer Vol. III, No.2, 115. Diambil dari
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2216
Herianto, E., Nurwanti, E.K., & Andayati, D. (2018). Skripsi Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Game Menggunakan Metode Pathfinding Dengan Game Engine Unity3d. Jurnal SCRIPT Vol. 5 No. 2, 57. Diambil dari https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/script/article/view/641
Maarif, V., Widodo, A.E., & Wibowo, D.Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android . IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Volume 3 No 2 – 2017, 37-38. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/2820/1841
Andre, Pentrus. (2014). Macam-macam Struktur Navigasi Pada Website. Diambil dari https://www.andre.web.id/struktur-navigasi-website/ (24 Juni 2019).
DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i1.6390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by:
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License