Pemanfaatan Plug-in DataTables untuk Sistem Informasi di Unit Indostamping PT Pura Barutama

Ramos Somya, Beny Beny

Abstract


Saat ini, PT Pura Barutama unit Indostamping belum memiliki sistem informasi untuk melakukan proses request permintaan perbaikan dan memberikan laporan secara sistematis. Proses pengelolaan data masih menggunakan Microsoft Excel. Hal ini dapat mengakibatkan resiko dicatat secara berulang, dan adanya masalah yang tidak dicatat karena sibuknya staf IT dalam melayani permintaan perbaikan dari user lain. Salah satu cara untuk meminimalisasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem informasi helpdesk ticketing system dengan plug-in DataTables. Hasil aplikasi bisa menjadi wadah untuk memberikan laporan secara sistematis dan prosedural, dengan tampilan yang user-friendly dan dapat mengatasi masalah yang ada di PT Pura Barutama unit Indostamping. 


Keywords


Sistem Informasi, Web, DataTables, PT Pura Barutama

References


Ali, M. (2017). Sistem informasi IT-helpdesk pada Universitas Amikom Yogyakarta berbasis web. Jurnal Informatika dan Komputer, 93–102.

Rossa, A.S., Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung. Informatika.

Beisse, F. (2013). A Guide to Computer User Support for Help Desk & Support Specialists, Edisi ke-5. USA. Course Technology.

Pura Barutama, 2018, Corporate Culture The Pura's Way, http://www.puragroup.com, diakses tanggal 10 Juli 2018.

DataTables, 2018, https://DataTables.net/manual, diakses tanggal 10 Juli 2018.

Gaol, and Chr, J.L. (2008). Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Hasibuan, Z. (2007). Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi : Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta: Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Indarti, Y. (2012). Rancang Bangun Helpdesk pada PT Palyja. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Junindar. (2011). Panduan Lengkap Menjadi Programmer. Jakarta: MediaKita.

Kadir, A. (2013). Pengenalan Sistem Informasi Bandung. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R.S. (2001). Software Enginering: A Practitioner's Approach. Amerika Serikat: R.S. Pressman and Associates.

Qoyyimah, N. A., Hidayah, Z. B., and Fananie. (2012). Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System (Studi Kasus : Pt . Primus Indojaya). Jurnal Sistem Informasi, 1–7.

Mudhar, R. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing System Menggunakan Django Framework (Studi Kasus : Smk Saradan ). Jurnal UIN, 1–10.

Sutabri, T. (2012) Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v6i1.5286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License