Rancang Bangun Pengolahan Pendapatan Jasa Handling Airport (Studi Kasus : PT. Dwi Putra Prima Tangerang)

Eka Wulansari Fridayanthie, Gunawan Aliyandi, Aliffah Kusumaningrum

Abstract


Dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat saat ini, dimana kebutuhan akan teknologi akan semakin diperlukan oleh perusahaan besar maupun kecil. Tidak lepas dari perkembangan teknologi tersebut maka untuk menghasilkan suatu hasil yang baik dan mempercepat pekerjaan perlu menggunakan sarana pendukung yang sempurna yaitu komputer. Saat ini PT. Dwi Putra Prima adalah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Handling Pelayanan Wisata Haji Plus dan Umroh, Baggage Handling dan VIP Handling, di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dalam pengolahan pendapatan jasanya  masih dilakukan secara manual, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Oleh karena itu PT. Dwi Putra Prima  membutukan sekali akan adanya Sistem Informasi Pengolahan pendapatan jasa. Untuk itulah penulis mencoba membuat skripsi ini mengenai Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Pendapatan Jasa Handling Airport Berbasis Web di PT. Dwi Putra Prima, yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Perancangan sistem informasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan  lebih efektif  dan  efisien  serta  sistem pengolahan data yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.


Keywords


Information System Design, Service Revenue Processing System, Handling Airport

References


Gunawan, R. M. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kadir, A. (2008). Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySql. Yogyakarta: Andi Offset.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Rispianda, G. M. (2015). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour and Travel Berbasis Website Electronic Commerce. Jurnal Teknik Industri, 12-20.

Shalahuddin, S. d. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Modula.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v6i2.4928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License