PENERAPAN ANIMASI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN AKSARA SUNDA
Abstract
Keywords : Interactive Animation , Script Sundanese
Abstrak - Aksara Sunda merupakan hasil karya ortografi masyarakat Sunda yang harus dipelihara dan dilestarikan, karena aksara Sunda adalah warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Sosialisasi aksara Sunda masih sangat minim dilakukan, meskipun pemerintah Jawa barat sudah melakukan upaya hukum dalam bentuk Peraturan daerah (Perda) no.5 tahun 2003 dan Surat Keputusan Gubernur no. 434/SK.614/dis-pk/1999. Seiring dengan semakin canggihnya tekhnologi, penggunaan animasi interaktif pengenalan aksara sunda dapat digunakan untuk mensosialisasikan aksara Sunda dengan menjelaskan mengenai pengertian aksara Sunda, sejarah aksara Sunda, cara penulisan aksara Sunda, serta game puzzle aksara Sunda sebagai pengujian dan hiburannya. Penerapan animasi interaktif merupakan solusi terbaik yang sangat membantu dalam mensosialisakan aksara Sunda kepada masyarakat khususnya masyarakat Sunda agar lebih berminat mempelajari aksara Sunda yang menjadi warisan budaya.
Kata Kunci : Animasi Interaktif, Aksara Sunda
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori+ Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Black, Rex. 2007. Pragmatic Software Testing: Becoming an Effective Test Professional. Hoboken: Wiley Publishing Inc.
Ian, Sommerville. 2007. Software Engineering, Eight Edition.Harlow: Pearson Edication Limited.
Ladjamudin, Al Bahra bin. 2005. Analisa dan Disain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Madcoms. 2012. Kupas Tuntas Adobe Flash Professional CS6. Yogyakarta: Andi.
Munir. 2012.Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwacaraka, Pandan P. 2007. Cepat dan Mudah Home Recording dengan Adobe Audition 1.5.Yogyakarta: Andi.
Shukri Ahmad, Mohd. Naim dan Amran Md.Rasli .2006. Pengurusan Teknologi Jakarta: MTA.
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat lunak.Yogyakarta: Andi.
Srinivas, Nidhra dan Jagruthl, Dondeti. 2012. Black Box and White Box Testing Techniques- A Literature Review. International Journal of Embedded Systems and Aplications (IJESA),2(2),1-2.
Syarif, Arry Maulana, Diginovac.2005. Tip dan Trik Membuat Fitur Game Flash.Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tian J. 2007. Software Quality Engineering: Testing, Quality Assurance and Quantifble Improvement.Hoboken: Jhon Wiley& Sons Inc.
Tim Unicode Aksara Sunda. 2008. Direktori Aksara Sunda untuk Unicode jilid 1.Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v1i2.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika
Index by:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() |
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License