Penerapan Aplikasi Web Di Hotel Arinda Guest House Bandung

Ade Mubarok, M Ridza Apriyanta

Abstract


Abstrak

Hotel adalah industri yang berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. salah satu faktor yang dapat memberikan fasilitas kenyamanan adalah adanya layanan informasi yang cepat untuk reservasi hotel. Beberapa masalah yang biasanya dihadapi pihak hotel dan calon tamunya seperti sulit mendapatkan informasi yang cepat, melakukan check in dan pembayaran yang mengharuskan tamu datang lansung ke hotel, melakukan pencatatan buku tamu dan membuat laporan secara manual. Dalam penulisan penelitian ini, penulis membangun sebuah aplikasi hotel dengan mengadopsi teknologi informasi. Model yang digunakan untuk pengembangan software adalah metode waterfall, yang dimulai dengan analisa kebutuhan disesuaikan dengan sistem berjalan di hotel arinda guest house, design sistem dan software, coding, testing, dan implementasi. Sehingga penelitian ini menghasilkan sistem informasi reservasi hotel berbasis web. Yang berupa interface yang mudah digunakan user dan menunjukkan fungsionalitas yang dapat digunakan untuk melakukan check in, pembayaran hotel, informasi lebih cepat dan menghemat waktu calon tamu dalam melakukan pemesanan, efisien dalam pencatatan buku tamu dan pembuatan laporan.

 

Kata Kunci : Website, Aplikasi, Hotel Arinda Guest House, Check in, Waterfal.

 

Abstract

Hotel was a thriving industry very fast with the advent of the information technology. One factor that can provide comfort is the existence of the information rapid to a reservation hotel. Several problems that ordinarily encountered hotel management and customers as it tough for rapid information, do check in and the payment of requiring guests come to the hotel, include families in village records the guest log and make a report manually.In writing thesis this, writer build a application of hotel by adopting information technology. The model used to the development of software is the method waterfall, which begins with analysis needs adapted to systems are go at the hotel arinda guest house, design system and software, coding, testing, and implementation.So that this research produce information system a reservation hotel web-based. Of interface ease of use user and showing functionality that can be used to at the check in , the hotel , faster information and save time prospective guest on do reservations , efficient in recording the guest log and reports.

 

Keywords: Website, Aplication, Hotel Arinda Guest House, checked in, Waterfall.


Keywords


Website, Aplikasi, Hotel Arinda Guest House, Check in, Waterfall

References


Arifin Gungun Ginanjar, Asep Deddy, Eri Satria. (2013). Pengembangan Sistem Infromasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodologi Rapid Application development. ISSN: 2302-7339. Garut: Vol.10 No.1 2013.

Frieyadie. (2007).Analisa dan Perancangan System Informasi.Yogyakarta :Graha Ilmu

Handri Hardiansyah. (2014). Bandung Miliki Potensi Besar untuk Bisnis Perhotelan. Retrieved from http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2014/11/11/304226/bandung-miliki-potensi-besar-untuk-bisnis-perhotelan

Indra PD IGK, Maman Somantri, Kodrat Iman Satoto. (2012). Perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Graha Hotel Dewata Juwana Menggunakan Layanan Web Service. ISSN: 1411-0814. Semarang: Transmisi,14(1),2012,38-41.

Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sardianto, dkk . (2015). Rancang Bangun Aplikasi Hotel Menggunakan Metode Waterfall. ISSN: 2338-9761. Jakarta: Jurnal Bianglala Informatika Vol. 3 No. 1 Maret 2015-Ippm3.bsi.ac.id/jurnal.

Pressman, Roger S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License