PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 CIAMIS

Mirawati Mirawati, Dini Silvi Purnia

Abstract


Abstract - Science and technology experiencing dynamic development. With advances in data processing technology can become more effective, efficient, and accurate. The development of science and technology to encourage the development of information technology-based administration system. It is also extended to the management of the school, including one library management system. The fact above, there are still some schools lagging in technological advances that use the library system is done manually as is the case at SMPN 5 Ciamis. Start of recording members, books, transactions up to making the reports. Resulting in the occurrence of errors in recording, duplicate data, delays in data retrieval is required or delays in the return of library books borrowed because of forgetting. For that is the writer trying to make final assignment of a visual-based library program. The methods used for this application program is waterfall method and is built by using Visual-Based. The design of application program is the best solution to solve the problems existing in the institution, as well as with the application program the computerized system can be reached by an activity which is effective and efficient in support of activities in the institution.
Key word : Borlan Delphi 7, Information System, Library,

Abstrak - Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang dinamis. Dengan kemajuan teknologi ini pengolahan data bisa menjadi lebih efektif, efisien, serta akurat. Perkembangan ilmu dan teknologi mendorong berkembangnya sistem administrasi berbasis teknologi informasi. Hal tersebut juga merambah kepada manajemen sekolah, termasuk salah satunya pengelolaan sistem perpustakaan. Melihat kenyataan diatas, masih saja ada beberapa sekolah yang tertinggal dalam kemajuan teknologi yaitu penggunaan sistem perpustakaan yang dilakukan secara manual seperti yang terjadi pada SMPN 5 Ciamis. Mulai dari pencatatan anggota, buku, transaksi sampai kepada pembuatan laporan-laporan. Sehingga mengakibatkan terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pencatatan, data yang rangkap, keterlambatan dalam pencarian data yang diperlukan atau terjadinya keterlambatan dalam pengembalian buku perpustakaan yang dipinjam karena faktor lupa. Untuk itu penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai program aplikasi perpustakaan berbasis visual. Metode yang digunakan untuk membuat program aplikasi ini adalah metode waterfall dan dibangun dengan menggunakan Borland Delphi 7 dan Microsoft Access. Perancangan program aplikasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada lembaga, serta dengan sistem yang terkomputerisasi juga dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas di sekolah.
Kata Kunci : Borlan Delphi 7, Perpustakaan, Sistem Informasi

References


Ardhana, YM. Kusuma dan Gregorius Airlangga. 2011. Algoritma Pemrograman C++ dalam Ilustrasi. Jakarta: Jasakom.

Bahri, K. S., dan Wawan Sjachriyanto. 2008. Teknik Pemrograman Delphi. Bandung: Informatika Bandung.

Fatansyah. 2007. Buku Teks Komputer Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Hartono, Jogiyanto. 2000. Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Jogyakarta: Andi Jogyakarta.

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo.

Pohan, H. I., & Bahri, K. S.,1997. Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta: Erlangga.

Sutabri,Tata, 2005, Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta, Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v2i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License