Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penerimaan PraKerja Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process

Rini Oktaviani, Nila Purwanti, Weni Anita, Cepi Cahyadi

Abstract


Pada masa pandemi ini, perekonomian negara mengalami penurunan yang cukup besar, masyarakat pun juga terkena dampak dari  menurunnya perekonomian Indonesia. Dalam membantu perekonomian masyarakat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan bantuan berupa Kartu Pra Kerja sebagai salah satu bentuk program untuk para pekerja yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), para pekerja yang dirumahkan, serta memberikan potensi dan kesempatan pada para pencari kerja dan pelajar yang baru lulus sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan memberikan sebuah soft skill yang sesuai dengan minatnya melalui pelatihan secara daring. Namun sangat disayangkan, pemerintah masih sering keliru dalam menentukan calon penerima Kartu Pra Kerja, oleh karena itu dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Karena penilaian dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process mampu memberikan nilai yang baik yang dapat dijadikan alternatif pada penetuan keputusan, yaitu pada Korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan nilai sebesar 41%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian Analytical Hierarchy Process ini cukup baik.

Keywords


Analytic Hierarchy Process, Kartu Pra Kerja, Sistem Penunjang Keputusan

References


Y. Consuello, “Analisis Efektifitas Kartu Pra-kerja di Tengah Pandemi Covid-19,” Bul. Huk. dan Keadilan, vol. 4, no. 1, pp. 93–100, 2020, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15479.

P. Covid- and T. Predianto, “Gorontalo,” vol. 3, no. 2, 2020.

R. I. Wijayanti and A. Humardhiana, “Optimalisasi Program Kartu Prakerja Dengan Pelatihan Branding Strategy,” Dimasejati J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, p. 109, 2020, doi: 10.24235/dimasejati.v2i1.6645.

L. Mazia, L. A. Utami, Juariah, and E. Pujiastuti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) ( Studi Kasus : Kelurahan Tanah Baru Bogor ),” Indones. J. Netw. Secur., vol. 10, no. 1, pp. 5–12, 2021.

S. R. Sentinuwo, Sistem Informasi. Bandung: CV. PATRA MEDIA GRAFINDO BANDUNG, 2016.

H. Agustin, Sistem Informasi Manajemen Dalam Perspektif Islam. PT. RajaGrafindo Persada, 2019.

Y. Yunus, Sistem Pendukung Keputusan (AHP dan TOPSIS - Seleksi Penerimaan Karyawan). Gorontalo: Ideas Publishing, 2017.

H. Wijoyo, Teknik Pengambilan Keputusan. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

R. Taufiq, Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

L. A. M. J. S. H. A. Latif, Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

A. dkk Supradi, Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

S. Tinggi, T. Nuklir, S. Batan, J. Babarsari, and K. Pos, “Dengan Metode Ahp,” no. November, pp. 21–22, 2007.

H. I. T. Simamora, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada SMA Pencawan Medan,” vol. 2, pp. 19–25, 2019.

D. Mustafa, Pinton Setya, Metodologi Penelitian Kuantitaitf, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31294/inf.v9i1.11032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License