Menentukan Promosi Jabatan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Dan Metode Promethee

Rahmat Hidayat - AMIK BSI Bekasi

Abstract


ABSTRACT - In accordance with regulations of the National Civil Service Agency (BKN) in the promotion process, the necessary criteria to determine who will be elected to fill the vacant position. In the process of this department takes a decision support system that will facilitate the promotion process. In this study using matching and method Promethee Profile. This method was chosen because it is able to select the best candidates from a number of existing employees, in this case the candidate is eligible employees occupying positions that are available based on the criteria specified. The study was conducted by finding the weights for each attribute, such examples are aspects of intellectual capacity, work attitude, and behavioral aspects, then the ranking process that will determine the optimal alternative, that the best employees. Results of this study was to determine the calculation regarding the selection of eligible employees on a job promotion with profile matching and PROMETHEE method of ranking employees. This ranking is the basis of recommendations for decision makers to choose suitable employees in vacant positions or promotion.

Keywords: Profile matching method Promethee, ranking

 

ABSTRAK - Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam melakukan proses promosi jabatan, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk memenuhi posisi jabatan yang kosong. Dalam proses penentuan jabatan ini dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang akan mempermudah dalam proses promosi jabatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Profile matching dan Metode Promethee. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi kandidat terbaik dari sejumlah karyawan yang ada, dalam hal ini kandidat yang dimaksudkan yaitu karyawan yang berhak menduduki jabatan yang tersedia berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot  untuk setiap  atribut, seperti contoh adalah aspek kapasitas intelektual, aspek sikap kerja, dan aspek perilaku, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu karyawan terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan mengenai pemilihan karyawan yang layak pada promosi jabatan dengan metode profile matching dan promethee berupa ranking karyawan. Ranking ini merupakan dasar rekomendasi bagi pengambil keputusan untuk memilih karyawan yang cocok pada jabatan yang kosong atau promosi jabatan.

Kata kunci: Profile matching, Metode Promethee, ranking


Full Text:

PDF

References


Henry, S. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III. Yogyakarta:Unit Penerbitan dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN

Hermawan. (2005). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Husein, Umar. 2005. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta : PT.Andi Offset..

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan.Yogyakarta: Andi.

Kuswardani, 2006, Perbandingan Metode AHP dan Promethee Dalam Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Kredit, Yogyakarta. Skripsi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Gadjah Mada.

Laudon, K. C. dan J. P. Laudon. (2008). Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.

Malayu, Hasibuan S.P. 2012.Manajemen Sumber Daya manusia,cetakan keenam belas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sadeli, muhammad (2005). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo..

Siagian, Sondang (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara..

Setyono,P.H, (2007), Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menilai Kualitas Layanan Dengan Metode AHP dan Pomethee. Yogyakarta: Andi Offset.

Simamora, Henry, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua.STIE : YKPN.

Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Adi 2007. Pemrograman database dengan visual basic dan microsoft SQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryadi K. dan M. A Ramdhani, 1998, Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Turban, E., J. E. Aronson, dan T. Liang, 2005, Decision Support System and Inteleligent System, Pearson Prantince Hall, New Jersey.

Erwinsyah , Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Program Khusus Ulama IAIN Antasari Banjarmasin), Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Speed 2016

Yogha Radhitya, Fitro Nur Hakim, Achmad Solechan, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode SAW, Vol 8, No 2 (2016): Jurnal Speed 2016

Bambang Eka Purnama, Konsep Dasar Internet, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2016




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v2i1.667



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License