Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Bengkel (Studi Kasus: CV. Anugrah Bogor)

Aris Winardi, Ida Farida, Dicky Hariyanto - AMIK BSI Bogor

Abstract


Intisari - Di zaman modern seperti sekarang ini, populasi kendaraan bermotor semakin meningkat. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan bagi para pengendara, untuk itu kendaraan yang dipakai selayaknnya dalam keadaan yang baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala dan diperlukan pula perbaikan-perbaikan pada bagian motor yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan sekali keberadaan jasa bengkel motor. Dalam situasi seperti ini, CV. Anugrah membutuhkan adanya suatu sistem informasi yang menunjang agar mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggannya. Saat ini sistem yang ada pada CV. Anugrah sering mengalami beberapa kendala, mulai dari proses transaksi penjualan dan pelayanan service serta penyimpanan data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan dan pelayanan service, pemesanan, pembelian dan penerimaan barang hingga pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data yang diperlukan. Dengan adanya rancangan sistem yang terkomputerisasi dan terstruktur, diharapkan dapat membantu sistem manajemen bengkel menjadi lebih cepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan keefisienan kinerja sistem, penyimpanan data dapat menghemat tempat, dan memudahkan dalam pencarian data pada saat perbaikan dan rekap data.0

Kata kunci: Sistem Informasi, Pelayanan, Bengkel

 

Abstract - In modern times, as now, the population of motor vehicles has increased. The density of activity in the streets demanding comfort for the rider, the vehicle used in good condition. So that the vehicle is always in good condition will require periodic service and maintenance and repairs are also required on the part of the motor that is broken, it is very necessary for all services where the bike shop. In situations like this, the CV. Anugrah requires the presence of an information system that support to be able to provide satisfactory services to its customers. Currently the existing system on the CV. Anugrah is often having some problems, ranging from sales and service process service transactions as well as other data storage associated with the sales and process service, ordering, purchasing and receiving goods to preparing reports, making it possible during the process an error in the listing, a lack of accuracy statements made and the delay in the search for the necessary data. With the computerized system design and structured, is expected to help the workshop management system to more quickly and accurately so as to improve the efficiency of the performance of the system, the data storage can save space and simplify the search data at the time of repair and data recap.l

Keyword : Information Systems, Service, Workshop


Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa dan Shalahudin, M. 2013. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan

Berorientasi Objek). Bandung: Informatika

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan aplikasinya. Jogjakarta : Gava Media

Pressman, R. 2010. Software Engineering A Practitioner’s Approach 7th Edition. United States : Mc

Rudianto, Arif M. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Sukamto, Rosa, Ariani, Muhammad Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung

Simarmata, Janner & Paryudi, Imam. 2016. Basis Data, Yogyakarta : Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v3i2.2813



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License