ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE SD XAVERIUS C AMBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Retno Sari, Berkhat Agung Pohwain

Abstract


Kepuasan pengguna website merupakan hal penting untuk menjadi tolak ukur bagi lembaga pendidikan. SD Xaverius C Ambon ingin meningkatkan kualitas website yang ada sehingga pengguna semakin puas dan banyak melakukan pencarian informasi, interaksi, fitur-fitur mudah dipahami dan koneksi stabil melalui website resmi sekolahdasarxaveriuscambon.sch.id, namun sampai saat ini SD Xaverius C Ambon belum mengetahui kekurangan dari website SD Xaverius C Ambon sehingga membutuhkan evaluasi untuk mengetahui kualitas website dan tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini digunakan untuk mengevaluasi hubungan kepuasan pengguna dengan menggunaan metode webqual 4.0. Populasi dan sampel penelitian diambil dari siswa, guru, dan orang tua di SD Xaverius C Ambon yang menggunakan website. Perhitungan dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Berdasarkan tabel uji t, kualitas kegunaan dan kualitas informasi memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar -0.870, -0.852 dan kualitas interaksi layanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 34,151. Hal ini membuktikan bahwa website SD Xaverius C Ambon berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dari segi kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan

Full Text:

PDF

References


Andretti Abdillah, L., & Adellia. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Mahasiswa Universitas Bina Darma Menggunakan Metode Webqual 4.0. Journal of Software Engineering Ampera, 1(3), 2775–2488. https://journal-computing.org/index.php/journal-sea/index

Falencia, F., Purnama, B., & Mulyono, H. (2024). Analisis Kualitas Website SMKN Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(8), 481–489. https://doi.org/10.47065/tin.v4i8.4718

Irumas, I., & Utamajaya, J. N. (2022). Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(1), 101–108. https://doi.org/10.47065/josyc.v4i1.2492

Nuh, M. (2022). Penyuluhan Mengelola Website Sebagai Media Publikasi, Komunikasi dan Informasi pada Pesantren Hidyatullah Jonggol. Jurnal Pedes - Pengabdian Bidang, 2(1), 110–117.

Prasianto, K. R., & Hartomo, K. D. (2022). Pengujian Sistem Informasi Pelayanan Desa Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(1), 1. https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3286

Rahmatullah, S., Purnia, D. S., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 158–164. www.njis.org.

Septa, F., & Umar, R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government Menggunakan Metode Wequal 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 127–135. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No2.pp127-135

Setiawati, L., Siti Aulia, E., Cynthia Johan, R., Hadiapurwa, A., & Ardiansah. (2022). Studi Analisis Website Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Jurnal Pengembangan Kearsipan, 15(1), 84–97. https://doi.org/10.22146/khazanah.72775




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v10i2.24720

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License