Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus SIPPP Kota Bekasi

Rosi Kusuma Serli, Melati Monica Meilina

Abstract


Website SIPPP Kota Bekasi merupakan Sistem Informasi Pelaporan Polisi Pamong Praja, sebuah situs web pengaduan masyarakat. SIPPP merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk melaporkan keadaan di lingkungannya kepada Satpol PP. Website ini untuk diciptakan bersama dengan Diskominfostandi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban umum. Pelayanan website milik pemerintah perlu dilakukan analisa terhadap kepuasan penggunanya, untuk mengetahui kualitas dari layanan sistem informasi tersebut. Untuk mencapai hasil website yang lebih baik di masa depan diperlukan sebuah pengembangan dari segi informasi maupun layanan sehingga menghasilkan kuliatas website yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini, kualitas dari SIPPP Kota Bekasi diukur menggunakan metode Webqual 4.0 sebagai tolak ukur pengembangan sistem dari website tersebut yang terdapat 3 variabel yang mencangkup penilaian pada kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Webqual 4.0 metode untuk mengukur kualitas website Data didapat dari penyebaran kuesioner dengan kriteria skala likert. Dari hasil dari penghitungan 3 variabel tersebut, dilakukan uji Chi Square untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut terhadap kepuasan pengguna website. Berdasarkan jawaban responden, nilai chi square website SIPPP Kota Bekasi sebesar 32,01 > x² tabel 0,05 (8) dengan nilai 15,507 dengan kategori Usability sebesar (3,74), Information Quality (9,48) dan Interaction Quality (18,78). Faktor Interaction Quality memiliki nilai paling tinggi terhadap kepuasaan pengguna.

           

Kata kunci: website SIPPP kota bekasi, webqual 4.0, skala likert, kuesioner


Full Text:

PDF

References


Anon. 2022. “Perhitungan Persentase User Interface Website Portal Berita Menggunakan Metode Skala Likert.” Jurnal Ilmiah Komputasi 21(1).

Aryadita, Himawat, Dyah Ayu Widyastuti, and Niken Hendrakusuma Wardani. 2017. “Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi 10(1):29–35.

Cahyo Wibisono, Sony, Amir Hamzah, and Uning Lestari. 2015. “Analisis Kualitas Final Proyek Website Milik Bank Boyolali Terhadap Pengguna Akhir(Metode Webqual 4.0).” 3(1):47–55.

Gunadarma, Universitas. 2022. “Analisis Kualitas Website Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Menggunakan Metode WebQual 4.0.” Jurnal Ilmiah Komputasi 21(4):517–30. doi: 10.32409/jikstik.21.4.3208.

Hermawati, R. 2022. “Sistem Informasi Pengaduan Dan Monitoring Kegiatan Pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Balangan Berbasis Web.”

Imron, Imron. 2019. “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok.” Jurnal Ilmiah Informatika Global 10(1):32–37. doi: 10.36982/jiig.v10i1.733.

De Lima, Rosa, E. Padmowati, and Adithia Theo Buditama. 2019. “Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar.” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 715–19.

Mustopa, Ali, Sarifah Agustiani, Siti Khotimatul Wildah, and Maysaroh Maysaroh. 2020. “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Perspektif 18(1):75–81. doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. 2019. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5(2):128–37. doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Romadhon, Febriyanto Bagus. 2019. “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Dengan Bantuan Teknologi Google Maps Api.” 5.

Saputra, Dimas Adam, and Teguh Andriyanto. 2022. “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Quality Analysis of Website Academic Information SystemUniversitas Nusantara PGRI Kediri.” Research : Journal of Computer 5(1):17–22.

Sari, Indah Manda, Riswan Efendi, Lisya Chairani, Jurusan Matematika, Fakultas Sains, Dan Teknologi, Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim Riau. 2020. “Hubungan Sistem Pembelajaran Daring Dengan Kesehatan Mental Orang Tua Di Era COVID-19: Uji Chi-Square Dan Dependency Degree.” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 12 (12):2579–5406.

Sinuraya, Junus. 2019. “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan).” Jurnal Teknovasi 6(2):51–59.

Teknologi, Departemen Manajemen, Bidang Keahlian, Manajemen Teknologi, Fakultas Bisnis, and Manajemen Teknologi. 2018. Website Jurnal Online Menggunakan Webqual ( Studi Kasus : Buletin Penelitian Sistem Kesehatan ).

Wijayanti, Trendy, Fajar Nugraha, and Andy Prasetyo Utomo. 2022. “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus.” Journal of Computer and Information Systems Ampera 3(1):56–65. doi: 10.51519/journalcisa.v3i1.141.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i2.18995

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License