Penggunaan Metode MECUE 2.0 Dalam Mengukur User Experience Pada Aplikasi MAXIM

Joosten Joosten, Fandi Halim, Debora Marturia Br Pasaribu, Nurapni Aprianti Br Panjaitan

Abstract


Maxim merupakan layanan order transportasi online yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan menggunakan aplikasi Playstore dan Appstore. Di era modern ini transportasi berbasis aplikasi dengan menggunakan media internet yang menawarkan berbagai hal baru yang berbeda dengan jasa transportasi pada umumnya. Kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan perjalanan. Berdasarkan hasil observasi penelitian terhadap penilaian aplikasi Maxim pada playstore, masih ada tanggapan Sebagian pengguna yang belum puas terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran user experience dengan menggunakan metode meCUE 2.0 yang memiliki 5 module dengan 10 Instrument penilaian, yaitu Module I (Perception of Instrumental Product Qualities), Module II (Perception of non-instrumental product qualities), Module III (Emotions), Module IV (Consequences), Module V (Overall evaluation). Pengumpulan data dilakukan  dengan cara menyebarkan kuesioner online dengan alat bantu google form menggunakan metode meCUE kepada 108 responden dengan Instrument penilaian yaitu Kegunaan ( Usefulness) dengan nilai rata rata 5,33, Kegunaan (Usability) dengan nilai rata-rata 5,00. Estetika  visual (Visual Aesthetics) nilai rata- rata ada 4,33, Status (Status) nilai rata-rata adalah 4,00, Komitmen (Commitment) nilai rata-rata adalah 2,67, Emosi Positif (Positive emotions) nilai rata-rata adalah 5,00, Negative (Negative emotions) nilai rata-rata adalah 2,67, Niat untuk mengguankan (Intention to use) nilai rata-rata adalah 3,67, Loyalitas produk (Product Loyality) nilai rata-rata adalah 3,67, Evaluasi Keseluruhan (Overall Evaluation) nilai rata-rata adalah 3,00. Dengan disimpulkan bahwa aplikasi mobile layanan transportasi Maxim dengan menggunakan metode meCUE 2.0 penilaiannya menunjukkan hasil yang postif untuk Sepuluh instrument penilainnya dinyatakan “cukup baik”

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. (2020). Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. SYSTEMATICS, 2(1), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3530

Boimau, H., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 169–187. https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4014

Cano, S., Araujo, N., Guzman, C., Rusu, C., & Albiol-Perez, S. (2020). Low-Cost Assessment of User eXperience Through EEG Signals. IEEE Access, 8, 158475–158487. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3017685

Ferdila, M., & Us, K. A. (2021). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2), 134–142. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/ijoieb.v6i2.776

Jannah, A. M., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2022). Pengukuran User Experience Terhadap Penggunaan Aplikasi SIMVONI dengan Pendekatan Metode HEART. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 34–39. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2533

Joosten, J. (2021). The Black Box Testing and LOC Method Approach In Testing and Streamlining The Patient Registration Program. Jurnal Riset Informatika, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.34288/jri.v3i2.188

Kisnu Darmawan, A., Bhanu Setyawan, M., Fajaryanto Cobantoro, A., Masykur, F., Komarudin, A., & Waail al Wajieh, M. (2021). Adaptation of the meCUE 2.0 Version for User Experience(UX) Measurement Approach into Indonesian Context. 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICIC54025.2021.9633008

Novitasari, S. F., Mursityo, Y. T., & Rusydi, A. N. (2020). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada E-Commerce Sociolla.com Menggunakan Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(2), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.25126/justsi.v1i2.9

Praptiwi, R. N., & Untari, S. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Pada Mahasiswa Berkebutuhan Khusus. JABE: Journal of Applied Business and Economic, 7(1), 35–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v7i1.5261

Saepudin, H., & Irawaty, S. (2020). Peran Kepala Sekolah SMA Kemah Indonesia 2 Dalam Upaya Membangun Citra Positif Sekolah. Buana Komunikasi: Jurnal Penelitian & Studi Ilmu Komunikasi, 1(1), 35–49. https://doi.org/https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.1

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/hjimb

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2), 531–540. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/sp.v6i2.25357

Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 822–829. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35970

Utomo, R. W., & Kurniati, M. (2020). Studi Kasus Dampak Penerapan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Terhadap Stres Narapidana Lapas Kelas II A Bengkulu. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 315–324. https://doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.315-324

Wijaya, M. A., & Fitriah, E. (2022). Pengaruh Penerapan Analisis Rantai Nilai terhadap Keunggulan Kompetitif. Jurnal Riset Akuntansi, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1408

Wilson, N., & Brian. (2022). The Impact of Store Image and Store Satisfaction in Determining Consumers’ Loyalty toward Convenience Stores in Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(4), 445–450. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.17228




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i2.18611

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License