Analisa Kualitas Digimos Software Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Indo Mat Menggunakan Metode Pieces Framework

Ina Maryani, Zahra Ar Rizkah

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan yang dirasakan oleh pelanggan setelah membandingkan suatu produk hasilan perusahaan terhadap harapan yang diinginkan akan produk tersebut. Pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengguna, pengguna yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengguna Digimos Sotware. Pelayanan menjadi tolak ukur apakah pengguna puas dan tertarik untuk terus menggunakkannya. Pelayanan ini mempengaruhi pengguna untuk tetap setia menggunakan Digimos Software atau beralih ke sistem yang lain. Pada penelitian ini menggunakan metode PIECES terdapat enam variabel atau parameter penting yang sering disebut sebagai "PIECES" (Performance, Information and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, dan Service). Metode PIECES digunakan dalam evaluasi sistem karena mencakup aspek-aspek yang penting dan saling terkait untuk mengevaluasi sistem secara menyeluruh. Dengan menggunakan metode PIECES, evaluasi sistem dapat dilakukan dengan lebih komprehensif, menyeluruh, dan sistemik. Ini membantu dalam memastikan bahwa sistem memenuhi kebutuhan dan tujuan yang diharapkan serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari enam variabel yang dimiliki PIECES framework memiliki nilai rata-rata yaitu nilai performance (3,98), nilai Information and Data (3,99), nilai Economics (4,11), nilai Control and Security (4,28), nilai Efficiency (3,97), nilai Service (4,08). Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Digimos Software secara umum mendapatkan penilaian yang baik dalam konteks analisis PIECES. Rata-rata nilai untuk setiap variabel berada di atas skala 3 (puas), menunjukkan bahwa kinerja sistem, informasi dan data, aspek ekonomi, kontrol keamanan, efisiensi, dan layanan yang diberikan oleh Digimos Software telah memenuhi atau melebihi harapan pengguna.

               

Kata kunci: kepuasan pelanggan, digimos software, pieces framework


Full Text:

PDF

References


Kinanti, N., Putri1, A., & Dwi, A. (n.d.). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. JEISBI, 02, 2021. https://siakadu.unesa.ac.id

MateriDosen.com. (2017). No Title. https://www.materidosen.com/2017/03/9-pengertian-software-menurut-para-ahli.html

Agustina, N. (2018). Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Informatika, 5(2), 278–286. https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3897

Supriyatna, A. (2018). Analisis dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis Web dengan Metode PIECES Framework. Jurnal Swabumi, 3(1), 1–15.

Fatoni, A., Adi, K., & Widodo, A. P. (2020). PIECES Framework and Importance Performance Analysis Method to Evaluate the Implementation of Information Systems. E3S Web of Conferences, 202, 0–10. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020215007

Made Ngakan, B. A., & Joy Nashar, U. J. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON) Hal: 325−, 332(3), 325–332. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964

arieffujianto. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Pln Mobilemenggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction).

Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework ( Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta ). Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi, 5(2), 1–6.

Pangri, M., Sunardi, S., & Umar, R. (2021). Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 63. https://doi.org/10.51211/biict.v8i1.1499

Muslih, M., Wardhiyana, L., & Widianto, S. R. (2021). Analysis and Evaluation of ERP Information System User Satisfication PT. Bozetto Indonesia Using Pieces Framework. Jurnal Mantik, 4(4), 2588–2598.

Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22

Wijaya, H. O. L. (2018). Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 46–55. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.289

Saidani. (2019). Unikom_Neni Setiarini_Bab 2. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4834/8/UNIKOM_NENI SETIARINI_BAB 2.pdf

Kurniawan. (2018). Unikom_Neni Setiarini_Bab 2. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4834/8/UNIKOM_NENI SETIARINI_BAB 2.pdf

Freddy Rangkuti. (2013). Customer Service Satiscaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. PT Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=BqBLDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Canta, D. S. (2019). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Grab Customer dengan Menggunakan PIECES Framework Pada UKM IT. J-Sim : Jurnal Sistem Informasi, 3, 19–23.

Hadisaputro, E. L., & Setyaningsih, E. (2019). Analisis Terhadap Kepuasan Mitra GO-JEK Driver Kota Balikpapan Menggunakan Framework PIECES. J-Sim : Jurnal Sistem Informasi, 2(April), 23–28. http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/32

Aji, S., & Hidayatullah, A. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayan Aplikasi Gojek Dengan Metode PIECES Framework. Jurnal Sistem Informasi, x, 1–7. http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/46

Lokapitasari Belluano, P. L., Indrawati, I., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. ., & Lantara, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118–128. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128

Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. Jurnal Riset Komputer), 9(3), 2407–389. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4091




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15786

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License