Kesiapan Pengguna Learning Management System Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Technology Readiness
Abstract
Learning Management System (LMS) telah banyak dijumpai di segala sektor pendidikan, namun konsep LMS pada pendidikan anak usia dini masih jarang ditemukan. Pendidikan anak usia dini merupakan ruang ekspresi yang dapat membantu proses perkembangan anak lebih optimal dengan tujuan membentuk anak yang berkualitas sebelum memasuki pendidikan formal. Pinggu adalah salah satu LMS yang berfokus pada pendidikan anak usia dini melalui berbagai macam assesment untuk menentukan minat dan bakat anak. Dengan melihat LMS untuk anak usia dini yang jarang ditemukan, maka sebelum LMS Pinggu dikembangkan untuk target pasar yang lebih luas perlu dilakukan suatu analisa untuk mengukur sejauh mana kesiapan pengguna dalam hal ini orang tua dan pendidik anak usia dini menggunakan LMS. TR (Technology Readiness) adalah Salah satu metode pengukuran tingkat kesiapan pengguna dengan empat variabel yaitu Optimism (Kepercayaan Umum), Innovativeness (Kecendrungan bereksperimen), Discomfokart (Kurangnya kontrol terhadap teknologi) dan Insecutity (Keyakinan). Hasil pengolahan data dengan menggunakan metode TR dan diolah menggunakan SmartPLS menunjukkan bahwa Optimism (Kepercayaan Umum), Innovativeness (Kecendrungan bereksperimen), Discomfokart (Kurangnya kontrol terhadap teknologi) dan Insecutity (Keyakinan) berpengaruh secara positif terhadap kesiapan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa Discomfokart dan Insecutity tidak mempengeruhi niat pengguna secara negatif dalam menggunakan teknologi.
Kata kunci: Learning Management System, pendidikan, anak usia dini, Technology Readiness
Full Text:
PDFReferences
Angraini, & Suryadi, D. (2015). Pengkuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Menggunakan TRI (Technology Readiness Index) Studi Kasus : UIN Suska Riau. Jurnal Sistem Informasi, 5(3), 237–241.
BAKIRTAŞ, H., & AKKAŞ, C. (2020). Technology Readiness and Technology Acceptance of Academic Staffs. International Journal of Management Economics and Business, 16(4), 1043–1058. https://doi.org/10.17130/ijmeb.853629
Choi, Y., & Ahn, H. Y. (2021). Developing and Evaluating a Mobile-based Parental Education Program for Preventing Unintentional Injuries in Early Childhood: A Randomized Controlled Trial. Asian Nursing Research, 15(5), 329–336. https://doi.org/10.1016/j.anr.2021.12.001
Dzulkifli, F., Wahyuni, E. D., & Wicaksono, G. W. (2020). Analisis Kesiapan Pengguna Lective Menggunakan Metode Technology Readiness Index (Tri). Jurnal Repositor, 2(7), 923. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i7.676
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Gestiardi, R., Sarwanto, S., Chumdari, C., & Maryani, I. (2021). Using an Technology Readiness Model to Understand Perceived Usefulness of Learning in the Covid-19 Era. International Journal of Elementary Education, 5(4), 631. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39188
Kiliç-Çakmak, E. (2010). Learning strategies and motivational factors predicting information literacy self-efficacy of e-learners. Australasian Journal of Educational Technology (AJET), 26(2), 192–208. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.1090
Lam, S. Y., Chiang, J., & Parasuraman, A. (2008). THE EFFECTS OF THE DIMENSIONS OF TECHNOLOGY READINESS ON TECHNOLOGY ACCEPTANCE: AN EMPIRICAL ANALYSIS. Journal of Interactive Marketing, 22(4), 19–39. https://doi.org/10.1002/dir
Mehrolia, S., Alagarsamy, S., & Indhu Sabari, M. (2021). Moderating effects of academic involvement in web-based learning management system success: A multigroup analysis. Heliyon, 7(5), e07000. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07000
Meng, J. (Gloria), M.Elliott, K., & C.Hall, M. (2009). Technology Readiness Index (TRI): Assessing Cross-Cultural Validity. Journal of International Consumer Marketing, 22(1).
Nguyen, N. T. (2021). A study on satisfaction of users towards learning management system at International University – Vietnam National University HCMC. Asia Pacific Management Review, 26(4), 186–196. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.02.001
Nita, T., Cahyani, D., Pradnyana, I. M. A., Sugihartini, N., & Teknik, F. (2020). PENGUKURAN TINGKAT KESIAPAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR MENGGUNAKAN TECHNOLOGY READINESS INDEX ( TRI ) ( STUDI KASUS : SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKASADA ). KARMAPATI, 9(2), 88–95.
Parasuraman, A. P. (2000). Technology Readiness Index (Tri): A Multiple-Item Scale to Measure Readiness to Embrace New Technologies. Journal of Service Research, 2(4), 307–320. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/109467050024001
Subiyakto, A. (2018). Development of the Readiness and Success Model for Assessing the Information System Integration. International Conference on Science and Technology, 149(May), 110–115. https://doi.org/10.2991/icosat-17.2018.25
Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1561–1565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365
DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i2.13937
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2714-9935
Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License