E-Learning Pada SMP Islam Daarut Taufiq Tangerang Dengan Metode Waterfall

Wiyanto Wiyanto, Jenie Sundari, Rosi Kusuma Serli, Yusnia Budiarti

Abstract


Abstrak

 

 Semakin berkembangnya media teknologi, sistem informasi menjadi peran penting di dalam dunia pendidikan seperti halnya e-learning. E-Learning merupakan pembelajaran elektronik yang memfokuskan pada proses belajar mengajar dengan media internet. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan pendidikan, diantaranya dengan strategi pembelajaran yang baik. Peningkatan dan perkembangan pembelajaran merupakan tujuan setiap instansi pendidika. Salah satu contoh strategi pembelajaran yang baik yaitu dengan menggunakan media internet untuk pembuatan website e-learning. Dengan e-learning, segala sesuatu tentang informasi sekolah maupun semua informasi materi pelajaran bisa dipublikasikan melalui internet. Pihak sekolah bisa menggunakan internet sebagai media untuk memplikasikan berbagai informasi maupun media untuk melakukan proses belajar mengajar dan ujian secara online. Mengenalkan siswa akan metode pembelajaran baru, dimana akses materi pelajaran tanpa batasan waktu dan jarak. Dengan adanya e-leraning informasi maupun pembelajaran bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui internet. Dengan ini penulis membuat skripsi mengenai sistem informasi e-learning bahasa pada SMP Islam Daarut Taufiq, dengan menggunakan PHP dan MySQL.

 

Kata Kunci : E-Learning, Pembelajaran,Pendidikan, Internet

 

Abstracts

 

The growing development of media technology, information systems become an important role in the world of education as well as e-learning. E-Learning is electronic learning that focuses on teaching and learning with internet media. Many things can be done in improving education, including with good learning strategies. The improvement and development of learning is the goal of every educational institution. One example of a good learning strategy is to use internet media for making e-learning websites. With e-learning, everything about school information and all subject matter information can be published through the internet. The school can use the internet as a medium to publish various information and media to carry out online teaching and learning and examinations. Introduce students to new learning methods, where access to subject matter without time and distance restrictions. With the existence of e-learning information and learning can be accessed anytime and anywhere via the internet. With this the author makes a thesis e-learning language information system at Daarut Taufiq Islamic Middle School, using PHP and MySQL.

 

Keywords : E-Learning, learning, Education,  Internet


Full Text:

PDF

References


A. C. Prof. Dr. Sri Mulyani. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem.

Anda, B., Data, D. F. D., Diagram, F., & Sukamto, M. (2020). Activity Diagram : Pengertian , Fungsi , Contoh serta Cara Membuatnya Apa itu Activity Diagram ? Activity Diagram Menurut Para Ahli Fungsi Activity Diagram Perbedaan Activity Diagram dengan Flow Chart Tujuan Activity Diagram Contoh Activity Diagram Simbol. 2020, 2020.

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, 1–326.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Harsanto. (2014). Buku Web Programming ( Client Side And Server Side ).

Hasugian, S. (2012). LRS (Logical Record Structure) .

Lastiansah. (2012). Apa itu User Interface ? Baca Pengertian , Konsep dan Apa itu User Interface ? Fungsi User Interface Konsep User Interface Pentingnya User Interface bagi Sebuah Produk. 2021.

Nugraha, R. S. (2016). Sistem Informasi Sekolah Di Surakarta Berbasis Website. Electronic Theses and Dissertations, 147, 11–40.

Nur, R., & Suyuti, A. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri Buku terkait.

Pembu, J. (2022). Pengertian Package Diagram : Rumah di Cikunir.

Pramesti, Y. G., Murtini, W., & Susantiningrum, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas Xi Smk Negeri 5 Sukoharjo. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(1), 25. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i1.46537

Praptiningsih, & Purnama, B. E. (2015). Pembuatan Engine E-Learning pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kebonagung. Indonesian Journal on Networking and Security, 4(1), 48–53.

Satriawan, N. (2022). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Ranahresearch.Com, 2011. https://ranahresearch.com/metode-waterfall/

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan E-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17.

Sukamto, R. A., & Soekamto. (2018). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i1.12963

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License