Analisis Digital Marketing Website Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force

Zanuar Rifai, Dwiki Agung Witriantino

Abstract


 

Hompimpaa.id merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Jasa yang ditawarkan berupa jasa bimbingan parenting untuk orang tua dan anak-anak usia 3-9 tahun. Hompimpaa.id menggunakan aplikasi berbasis website untuk melakukan pemasaran dan mengenalkan produknya mulai dari e-book, buku parenting dan video permainan dan pembelajaran untuk anak. Cara pemasaran yang digunakan oleh hompimpaa.id dalam mengenalkan jasanya ke masyarakat luas yaitu dengan cara pemasaran secara digital atau digital marketing. Masalah yang dihadapi oleh hompimpaa.id adalah belum adanya patokan dalam untuk membuat konten yang nantinya akan dipasarkan di sosial media. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga metode yang berbeda yang betujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi start-up hompimpaa.id dan membuat strategi digital marketing untuk hompimpaa.id. Metode yang digunakan adalah analisa SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Hasil dari analisis penelitian ini yaitu berupa strategi digital marketing berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan.

Kata kunci: Hompimpaa.id, Digital Marketing, Anilisa SWOT, Value Proposition Canvas, Competitive Five Force

 

Hompimpaa.id is a company engaged in the service sector. The services offered are parenting guidance services for parents and children aged 3-9 years. Hompimpaa.id uses a website-based application to do marketing and introduce products ranging from e-books, parenting books and video games and learning for children. The marketing method used by hompimpaa.id in introducing its services to the wider community is by means of digital marketing or digital marketing. The problem faced by hompimpaa.id is that there is no benchmark in creating content that will later be marketed on social media. In this study, researchers used three different methods aimed at analyzing internal and external factors that affect hompimpaa.id start-ups and creating digital marketing strategies for hompimpaa.id. The method used is SWOT analysis, Value Proposition Canvas, and Competitive Five Forces. The results of the analysis of this research are in the form of a digital marketing strategy based on the results of the analysis that has been done.

Keywords: Hompimpaa.id, Digital Marketing, SWOT Analysis, Value Proposition Canvas, Competitive Five Force


Full Text:

PDF

References


Fatimah, N. D. F. (2016). Teknik analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Irnawati, J., (2021). Technopreneurship: wirausaha berbasis digital. Bandung: Media Sains Indonesia dan Penulis

Jati, W., dan Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 127

Nandagiri, V., dan Philip, L. (2018). Impact of influencers from Instagram and YouTube on their followers. International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education, 4(1), 61-65.

Novianto, A. D., Ishaq, A., Kholil, I., Sumbaryadi, A., dan Iriadi, N. (2021). Analisis strategi sistem persediaan bahan baku pada restoran seafood asap cendrawasih dengan metode SWOT. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(1), 10-16.

Novitasari, W., dan Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 1-4

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., dan Nurani, Y. (2020). Pengaruh media pembelajaran digital animasi dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar pendidikan agama islam anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588-596.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Saputra, D. H. (2020). Digital marketing: komunikasi bisnis menjadi lebih mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis

Rahma, A. N., dan Pradhanawati, A. (2018). strategi bersaing produk ukm lunpia dengan menggunakan analisis five forces porter dan SWOT (kasus pada UKM lunpia kings semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171-185.

Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., dan Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9), 1617-1631

Rizqullah, E. R., Hasun, F., dan Sagita, B. H. (2019). Evaluasi model bisnis angelina zanisa leatherworks dengan menggunakan kerangka business model canvas. eProceedings of Engineering, 6(2). 6307-6315

Taufik, A., Apendi, T., Saidi, S., dan Istiarsono, Z. (2019). Parental perspectives on the excellence of computer learning media in early childhood education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 356-370.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., dan Haerani, N. R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 9-20.

Yudhanto, Y. (2018). Information technology business start-up. Jakarta: Elex Media Komputindo

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i1.11796

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License