Penggunaan Model UTAUT2 Untuk Memahami Persepsi Pengguna Aplikasi G-Meet
Abstract
Abstrak: Di era pandemi saat ini proses belajar mengajar dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi virtual, salah satunya yaitu G-Meet. Untuk memahami presepsi pengguna aplikasi G-Meet dalam penelitian ini menggunakan model UTAUT2. UTAUT2 merupakan pengembangan dari model UTAUT yang dilakukan oleh Venkates. Variabel yang ada pada UTAUT2 ini ialah ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan. Dari data yang dihasilkan terdapat 125 responden yang telah mengisi kuesioner dengan pertanyaan yang diajukan sebanyak 27 pertanyaan. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa STIMIK Nusa Mandiri Jakarta. Dan untuk sampel yang ditentukan yaitu sebanyak 125 responden dari jumlah responden yang telah mengisi kuesioner. Dalam mengolah data penelitian pada penelitian ini menggunakan smartPLS 3, untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kereabilitasan akan suatu data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa dari delapan hipotesis yang diusulkan tiga hipotesis dinyatakan tidak signifikan karena pada nilai t-statistic kurang dari 1,96 dan untuk lima hipotesis lain dapat diterima.
Kata kunci: UTAUT2, G-Meet, Pembelajaran Daring
Abstract: In the current pandemic era, the teaching and learning process is carried out online by utilizing virtual applications, one of which is G-Meet. To understand the perceptions of users of the G-Meet application in this study using the UTAUT2 model. UTAUT2 is a development of the UTAUT model carried out by Venkates. The variables in UTAUT2 are performance expectations, business expectations, social influences, facility conditions, hedonic motivation, price values, and habits. From the resulting data, there are 125 respondents who have filled out a questionnaire with 27 questions. The population of this study were students of STIMIK Nusa Mandiri Jakarta. And for the specified sample, as many as 125 respondents from the number of respondents who have filled out the questionnaire. In processing research data in this study using SmartPLS 3, to determine the level of validity and reliability of the data obtained. The results of this study indicate that of the eight proposed hypotheses, three hypotheses are declared insignificant because the t-statistic value is less than 1.96 and the other five hypotheses can be accepted.
Keywords: UTAUT2, G-Meet, Online Learning
Full Text:
PDFReferences
Afiana, F. N., Subarkah, P., & Hidayat, A. K. (2019). Analisis Perbandingan Metode TAM dan Metode UTAUT2 dalam Mengukur Kesuksesan Penerapan SIMRS pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma DKT Purwokerto. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(1), 17–26. https://doi.org/10.30812/matrik.v19i1.432
Auliya, N. (2018). Penerapan Model Unified Theory of Acceptance and, 1–10.
Fauzi, F. A., & Lestari, P. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom pada materi Trigonometri, 175–188.
Handayani, T., & Sudiana, S. (2017). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 7(2), 165. https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.159
Haris, C. A., WA, B. S., & Nasiri, A. (2019). Penerapan Model Utaut2 Untuk Mengevaluasi Aplikasi Ruang Guru. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 192. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1085
Kurniawan, A., Prabowo, G., & Falahudin, T. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97–108. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.528
Mahande, R. D. (2018). UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana. https://doi.org/10.31227/osf.io/254j7
Muhammad Taufik Hidayat, Qurrotul Aini, & Elvi Fetrina. (2020). Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT2 (Studi Kasus). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 9(3), 239–247. https://doi.org/10.22146/.v9i3.227
Narayana, I. W. G. (2019). Analisis Penerapan Model UTAUT Terhadap Perilaku Pengguna E-Learning (Studi Kasus : STMIK STIKOM Bali). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), 158–164. https://doi.org/10.36002/jutik.v5i1.705
Radiansyah, E., & Ariyanti, M. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Tcash Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (utaut2) Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tcash Di Universitas Telkom. EProceedings of Management, 4(1), 281–290.
Riadi, S., Normelani, E., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal …, 2(2), 219–227.
Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 557–562.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21. Retrieved from https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161
Udayana, E. A. U. (2017). Penerapan Model Utaut2 Untuk Menjelaskan Minat Dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 18(2), 1369–1397.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v6i2.10075
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2714-9935
Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License