SISWAQU (Sistem Informasi Wakaf Quran) Berbasis Web Pada Madena Tahfizh Quran

Yanti Apriyani, Miwan K Hidayat, Vika Dwi Harvini

Sari


Abstrak

Wakaf quran merupakan wakaf yang menyalurkan al quran. Madena Tahfizh Quran merupakan rumah tahfizh yang membuka program wakaf quran yang bertujuan mengelola dan menjembatani para wakif yang ingin memberikan wakaf atau menyumbangkan hartanya untuk disalurkan kepada penghafal quran yang berada di Rumah Tahfizh Quran. Proses pengolahan data muwakif dan perhitungan donasi masih di hitung secara manual yaitu di list dalam grup whatsapp dan  microsoft excell. Permasalahan utama yang terjadi pada sistem berjalan saat ini adalah perhitungan pemasukan donasi yang kurang akurat  sehingga pembuatan laporan tidak efektif dan efisien. Masalah lainnya yaitu kurangnya kepercayaan wakif terhadap adanya program yang sedang berjalan dikarenakan tidak ada fasilitas khusus untuk memberitahukan informasi terhadap perkembangan dan pencapaiannya. Dirancang sebuah sistem informasi wakaf quran berbasis web menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall dan bahasa pemrograman PHP dan Javacsript dengan database MySQL. Hasil dan manfaat dari sistem wakaf quran berbasis web ini adalah menyediakan fasilitas yang memudahkan bagi wakif sehingga transaksi dapat dilakukan secara online. Selain itu juga mendukung proses pengelolaan data wakaf sehingga tercipta transparansi laporan pemasukan donasi dan penyaluran quran yang dapat dilihat dan dipantau oleh para wakif. 

Kata Kunci: Wakaf Quran, Wakif, Website

 

Abstract

Quran waqf is a waqf that distributes Al-Quran. Madena Tahfidz Quran is a tahfizh house that opens a program that aims to manage and bridge the waqf who want to provide endowments of donate their wealth to be distributed to the quran reciters in the Tahfizh Quran House. Muwakif data processing and donation calculations were manually, which was listed in whatsapp group and microsoft excell. The main problem that occurred in the current system was the calculation of donation revenues that were less accurate so the reporting wasn’t effective and efficient. Another problem was the lack of trust in the existence of ongoing programs caused there weren’t special facilities to inform on their development and achievements. The designing a web-based quran waqf information system used the waterfall software development method and the PHP and Javascript programming language with the MySQL databases. The results and benefits of this project were providing facilities that make easy for wakif caused transaction could be done by online. Besides that it also supported the process of waqf data management to create transparency reports of quran donation and distribution submissions that could be seen and monitored by the wakifs.

Keywords: Quran waqf, Wakif, Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung.

Andre, Petrus. 2014.Macam-Macam Struktur Navigasi Pada Website.https://www.andre.web.id/struktur-navigasi-website/ (13 Juli 2018).

Azis, Awaludin dan Sarmidi. 2018.Aplikasi Ekspedisi Barang Di Pt. Karya Indah Buana Tasikmalaya.Jurnal manajemen informatika 1(1). Diambil dari jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/266.

Bukit, Christa Laura Br dan Verra Sofica. (2018). Program Pengolahan Tunjangan Cuti Pegawai Pada Pt Asdp Indonesia Ferry Christa Laura Br Bukit Verra Sofica Abstrak Di Dalam Suatu Perusahaan Pasti Menemukan Namanya Tunjangan Cuti Berkaitan Dengan Penggajian , Tetapi Tunjangan Cuti Pegawai Pada PT ASDP In.jurnal gerbang 8(1): 43–51. Diambil dari jurnal.stmik.banisaleh.ac.id/index.php/JIST/article/view/39.

Fahmi, Amiq dan Edi Sugirato. (2015).Aplikasi Sistem Informasi Geografis Manajemen Aset Wakaf.Prosiding SNATIF Ke-2 Tahun 2015: 357–64. Daimbil dari http://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/346.

Fathurrahman. 2014. Membuat Website Mudah Dan Praktis Dengan Weebly. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hidayat, Rahmat, Siti Marlina dan Lila Dini Utami. (2017).Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall.Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK): 175–83. Diambil dari seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2017/article/view/138.

Ibrahim, Muhammad Ikhsan dan Wisti Dwi Septiami.(2017).Sistem Informasi Penerimaan Donasi ( Studi Kasus : Yayasan Sahabat Yatim Indonesia ).Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer 3(1): 87–94. Daimbil dari http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/54.

Ramadhani, Herlambang dan Agus Ramdhani Nugraha.(2018).Aplikasi Web Pengiriman Dan Penerimaan SMS Dengan GAMMU Engine Berbasis PHP.Jurnal manajemen informatika 01(01): 191–200. Diambil dari jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/282.

Rohim, Doni Abdul, Karsono dan Yus Mardiani.(2016).Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Mobil Pada.Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2016: 109–16. Diambil dari http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2016/article/view/96.

Setiawan, Didik.(2017). Buku Sakti Pemrograman Web. Yogyakarta: Start Up.

Setiawan, Hendri.(2016).Pengertian Logical Record Strukture.https://www.hendrisetiawan.com/2016/04/pengertian-logical-record-strukture-lrs.html?m=1 (13 Juli 2018).

Sukmaindrayana, Andri dan Rahman Sidik.(2017).Aplikasi Grosir Pada Toko Rsidik Bungursari Tasikmalaya.Jurnal manajemen informatika 4(2): 31–40. Diambil dari jurnal.stmik dci.ac.id/index.php/jumika/article/view/147.

Sukrianto, Darmanta.(2017).Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).Jurnal Intra-Tech 1(2): 18–27. Diambil dari http://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/8.

Supriyatna dan Khoirun Nisa.(2015).Desa Wisata Karangrejo Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Penelitian Yang Dilakukan Untuk Merancang. 3(1): 35–40. Diambil dari ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/575.

Yudi Priyadi. 2014. Kolaborasi SQL & ERD Dalam Implementasi Database.Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v3i2.4686

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License