Sistem Informasi Bukti Serah Terima Kendaraan Berbasis Web Pada PT. Setiajaya Mobilindo Toyota Bogor
Sari
PT. Setiajaya Mobilindo merupakan salah satu dealer resmi Toyota yang menekankan strategi pemasaran dan layanan yang baik untuk memberikan kepuasan secara menyeluruh bagi pelanggan, mulai dari ketersediaan informasi yang memadai mengenai produk, proses penjualan, dan pasca pembelian produk. Divisi CRC (Costumer Relation Coordinator) merupakan divisi pada PT. Setiajaya Mobilindo Toyota Bogor yang bertempat di bagian front office dan berperan penting dalam mengolah data BSTK (Bukti Serah Terima Kendaraan). Permasalahan dalam pengolahan data BSTK yang masih dilakukan secara manual, divisi Administrasi dan divisi Head CRC kesulitan mendapat data tersebut untuk mengkonfirmasi kendaraan yang dikirim dan untuk laporan penjualan perminggu dengan mudah dan cepat tanpa harus menghubungi beberapa divisi diantaranya divisi CRC dan divisi Security. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja CRC dengan membangun sistem informasi berbasis web sehingga mampu membuat pekerjaan pengolahan data terasa lebih cepat dan keamanan datanya pun terjaga dengan baik. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data diantaranya observasi, wawancara, studi pustaka dan tools UML untuk pendokumentasian sistemnya. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web bukti serah terima kendaraan pada PT. Setiajaya Mobilindo Toyota.
PT. Setiajaya Mobilindo is one of Toyota's authorized dealers that emphasizes good marketing and service strategies to provide overall satisfaction for customers, starting from the availability of adequate information about products, sales processes, and post-purchase of products. The CRC (Customer Relations Coordinator) division is a division at PT. Setiajaya Mobilindo Toyota Bogor which is located at the front office and plays an important role in processing BSTK (Vehicle Handover Proof) data. Problems in processing BSTK data which is still done manually, the Administration division and the CRC Head division have difficulty getting the data to confirm the vehicles sent and for weekly sales reports easily and quickly without having to contact several divisions including the CRC division and the Security division. This study aims to improve the performance of CRC by building a web-based information system so that it can make data processing work feel faster and data security is well maintained. For the data collection method, the writer uses observation, interviews, literature study and UML tools for documenting the system. This research produces a web-based application of Vehicle Handover Proof at PT. Setiajaya Mobilindo Toyota.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afriliani. (2019). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Nasabah Pada Pt Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Hamparan Perak, 91(3).
Andoyo, A., & Sujarwadi, A. (2015). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model ), 3(1), 1–9.
Harahap, S. (2018). Studi kelayakan bisnis pendekatan integratif (1st ed.). Medan: Febi UIN-SU Press. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5052
Hikmah, N., Pratama, R. B., & Suryanto. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Web. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(5), 22–26.
Rahman, A., Yuniarti, P., & Aprilia, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Setya Kuliner Mandiri Jagakarsa Jakarta Selatan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 191–196. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.1098
Syamsudin, & Pratiwi, A. (2019). Pelayanan Prima Front Office Sebagai Upaya Meningkatkan, 4(2), 279–284.
Utama, M. A. Y. (2017). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan bengkel mobil toyota setiajaya parung.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i1.10154
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT