PENGARUH WORKSHOP DAN SERTIFIKASI AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI DAN PRAKTEK ( STUDI KASUS DI AMIK BSI SUKABUMI)

Yuri Rahayu, Andi Riyanto

Abstract


Abstract - Basic accounting is a priority subject to Computerized Accounting Departement must be a strong foundation to be able to understand them properly . But in reality only 30 % of the number of students who can grasp and understand the course. In order to overcome these problems in need of more in-depth learning methods to a given topic by exchanging information and interaction among participants with tutorials and discussions that are technically inclined or are called by the term workshop and to determine the extent to which the comprehension of the results of the workshop Certification should be carried on. This study was to determine the extent of its influence and Certification Workshop on basic accounting comprehension. The research method used is quantitative researchand the analysis techniques is descriptive method which the sample is taken from a population. Questionnaires is used to  collect data. The population in this study is the number of workshop participants and certified accounting to Computer Accounting Departement of AMIK  BSI 242 people . The selection and determination of sample size is based on a purposive sampling technique as many as 48 people (case study participants of AMIK BSI  Sukabumi). The conclusion of this study is the implementation of accounting certification workshop and significant effect on the basic  accounting comprehension and practice. This indicates a positive effect and means that when students often participated in workshops and accounting certification will be followed a very strong increase in the basic of accounting comprehension and practice .

 

Keywords : Accounting  Comprehension , Certification, Workshops.

 

Abstrak - Mata kuliah dasar akuntansi dan praktek merupakan mata kuliah unggulan bagi jurusan Komputer Akuntansi dan harus menjadi pondasi yang kuat untuk bisa mengerti dan memahaminya dengan baik dan benar. Tapi pada kenyataannya hanya 30  % saja dari jumlah mahasiswa yang bisa memahami dan mengerti akan mata kuliah tersebut. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut di perlukan metode pembelajaran yang lebih mendalam terhadap suatu topik tertentu dengan melakukan  pertukaran informasi dan interaksi antar peserta dengan pembahasan yang bersifat tutorial dan cenderung teknis atau yang di sebut dengan istilah Workshop dan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman terhadap  hasil workshop tersebut  perlu di laksanakan Sertifikasi. Penelitian ini untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruhnya Workshop dan Sertifikasi terhadap pemahaman dasar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan untuk menguji hipotesis dipilih teknik pengumpulan data dengan cara survey dengan  teknik analisisnya menggunakan metode Metode Deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang mengambil sample dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah peserta workshop dan sertifikasi akuntansi  jurusan  Komputer Akuntansi   AMIK BSI  yang berjumlah 242 orang. Pemilihan dan penetapan jumlah sample berdasarkan teknik Sampling purposive sebanyak 48 orang (studi kasus peserta di AMIK BSI Sukabumi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pelaksanaan workshop dan sertifikasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap pemahaman dasar akuntansi dan praktek. Hal ini menunjukkan pengaruh yang positif dan mempunyai arti bahwa apabila mahasiswa sering mengikuti workshop dan sertifikasi akuntansi maka akan diikuti kenaikan  yang sangat kuat terhadap pemahaman dasar akuntansi dan praktek.

 

Kata kunci : pemahamana akuntansi, sertifikasi, workshop


References


Nurayadi, "Pengaruh Workshop Guru pemandu MGMP SMP mata pelajaran IPA terhada nilai ujian IPA," IKIP, Semarang, Skripsi 2009.

Nurbani. (2011, Juni) Seminar AP (5 Maret 2014).

Hikmat. (2012, Juni) hikmatpembaharuan.wordpress.com (5 Maret 2012).

UNPAS. (2013, Mar.) digiub.unpas.ac.id.

Ikatan Ahli Giologi Indonesia. (2012, Maret) Sertifikasi.Iagi.or.id.

Mulyadi, Akuntansi Biaya, 6th ed. Yogyakarta, Indonesia: Aditya Media Yogyakarta, 2000.

Dunia Ahmad Firdaus and Abdullah Wasillah, Akuntansi Biaya, 3rd ed., Salemba Empat, Ed. Jakarta, Indonesia, 2012.

Sugiono, Statistik Untuk penelitian, 20th ed. Bandung, Indonesia: Alfabeta Bandung, 2012.

Sugiono, Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif , 20th ed. Bandung, Indonesia: Alfabeta Bandung, 2012.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.94

Copyright (c) 2016 Yuri Rahayu, Andi Riyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License