ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN KELAYAKAN FINANSIAL KONVENSIONAL DAN SYARIAH

Darkiman Ruminta

Abstract


Bagi bank yang beroperasi dengan prinsip syariah, maka penilaian kelayakan finansial suatu proyek investasi seharusnya menggunakan pola syariah yang bebas bunga. Dengan menggunakan perhitungan analisis kelayakan finansial pola syariah seharusnya lebih memudahkan, menguntungkan dan memberi manfaat, tidak saja bagi bank syariah selaku pemberi pembiayaan tetapi juga bagi pihak pengusaha selaku penerima pembiayaan

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbandingan antara perhitungan kelayakan pembiayaan versi konvensional dengan versi syariah, meliputi persamaan dan perbedaan dalam menganalisis kelayakan finansial proposal pembiayaan perkebunan kelapa sawit.Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan obyek penelitian proposal pembiayaan investasi perkebunan kelapa sawit yang diajukan PT. KSP kepada Bank Syariah Mandiri. Proposal pembiayaan tersebut selanjutnya akan diteliti kelayakan aspek finansialnya dengan menggunakan ketentuan versi konvensional dan syariah serta ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku di Bank Syariah Mandiri. Untuk keperluan analisis perbandingan perhitungan kelayakan finansial digunakan analisis kelayakan finansial dengan rumus perhitungan ; Break event, Payback Period, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit/Cost Ratio dan Investible Surplus Methode (ISM). Dalam perhitungan versi syariah ini digunakan skim pembiayaan musyarakah dengan indikator perhitungan nisbah bagi hasil (profit loss sharing). Alasan menggunakan skim pembiayaan musyarakah karena skim ini cocok untuk usaha agribisnis kelapa sawit.

Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perbandingan berupa persamaan antara perhitungan kelayakan finansial versi konvensional dengan versi syariah terletak pada rumus matematika perhitungannya, seperti rumus; Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR),Payback Period, dan Benefit/Cost Ratio.Adapun perbedaan antara perhitungan kelayakan finansial versi konvensional dengan versi syariah terletak pada indikator perhitungan yang digunakan, yaitu tingkat bunga bank (interest) dengan nisbah bagi hasil.


Keywords


Analisa Kelayakan Finansial

References


REFERENSI

Ahmed, Ziauddin. Concept and Models Islamic Banking an Assesment. Islamabad; International Institute of Islamic Economic. 1984.

Antonio, M.Syafi’i. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek, PT. Gema Insani. Jakarta. 2001.

Ashari dan Saptana. Prospek Pembiayaan Syariah untuk Sektor Pertanian. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Departemen Pertanian. Bogor. 2005.

Friedman, DH. Money & Banking. American Bankers Association. Washington DC. 1998.

Gittinger, J Price. Analisa Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. UI Press. Jakarta. 1986.

Ismail, R Akhadi Fajri. Analisis Kelayakan Finansial Proyek Pembangunan Kebun Kelapa Sawit Pola Revitalisasi Perkebunan dan Pabrik Pengolahannya Atas Nama PT. AUS: Studi Kasus Permohonan Kredit kepada Bank X. Tesis. Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 2010.

Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi keempat. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2011.

Karim, Adiwarman A. Perbankan Syariah dalam Sektor Agribisnis. Makalah disampaikan pada Round Table Discussion; Mencari Alternatif Pembiayaan Pertanian. Kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Departemen Agribisnis, FEM-IPB. Jakarta. 16 April 2009.

Kasmir dan Jakfar. Studi Kelayakan Bisnis. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta. 2003.

Koutsoyiannis, A. Theory of Econometrics. Second Edition. The United Kingdom by The Macmillan Press Ltd. New York. 1977.

Pahan, I. Kelapa Sawit : Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Cetakan kesebelas. PT. Penebar Swadaya. Jakarta. 2006.

Rivai, Veithzal, Amiur Nuruddin dan Faisar Ananda Arfa. Islamic Business and Economic Ethics. PT. Bumi Aksara, Jakarta. 2012.

Ruminta, Darkiman. Analisis Kelayakan Finansial Versi Syariah Pada Pembiayaan Investasi Perkebunan Kelapa Sawit Di Kalimantan Tengah. Tesis. Pasca Sarjana Program Magister Agribisnis. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2013.

Soeharto, I. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Cetakan Pertama. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1995.

Umar, H. Studi Kelayakan Bisnis Manajemen: Metode dan Kasus. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 1997.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.7603

Copyright (c) 2020 Darkiman Ruminta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License