EVALUASI HASIL PELATIHAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Bank Bukopin)

Firstianty Wahyuhening Fibriany, Nur Hani Oktaviani

Abstract


Sumber daya manusia merupakan aset penting yang dimiliki oleh setiap perusahaan.  Sumber daya manusia yang unggul dan profesional dalam pekerjaannya akan dapat menigkatkan kinerja perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang unggul dan profesional dalam pekerjaannya, salah satu usaha yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan pelatihan bagi karyawan agar kinerja karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan. Berdasarkan permasalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pelatihan, hasil kinerja dan mengevaluasi pelatihan yang diberikan apakah ada pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data primernya. Pengumpulan sampel data untuk penelitian ini adalah dengan teknik probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama dalam populasi untuk dipilih menjadi sampel. Lembaran kuesioner disebarkan kepada karyawan PT. Bank Bukopin Jakarta. Variabel X terdiri dari pertanyaan yang meliputi variabel kemampuan karyawan, sikap dan mental karyawan, kerjasama, perilaku karyawan, loyalitas karyawan, jenang karir, dan pengetahuan.  Sedangkan variable Y terdiri dari kemampuan tugas spesifik dan tidak spesifik, komunikasi, usahanmeningkatkan diri, kedisiplinan, motivasi, supervisi, dan manajemen administrasi.  Variabel ini akan diuji dengan menggunakan uji F.

Keywords


Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Kinerja, Evaluasi Pengaruh

References


Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. (R. Fachruddin, Ed.) (Pertama). jakarta.

Fiibriany, F. W. (2017). Peningkatan Produktivitas Melalui Pelatihan Karyawan Pada PT . Giordano Indonesia. Jurnal Cakrawala, 17(September).

Hartati, T., & Amir, H. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap, 13(1), 13–20. Retrieved from http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/download/805/513

Jayanthi, Y. D., & Cahyana, A. (2014). Pengaruh Hasil Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan di Balai Pelatihan Manajerial PT. KAI Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10.

Prasetyo, A. I., & Relawan, I. N. (2017). Ecodemica. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 107–117. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1553/pdf

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. (D. Sumayyah, Ed.) (Revisi). jakarta: Refika Aditama.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. (Florent, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Kelima). Depok: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i2.6140

Copyright (c) 2019 Firstianty Wahyuhening Fibriany, Nur Hani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License