PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MOBILE COMPUTING ACER Pada Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan di Karawaci

Juliana Juliana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel motivasi, persepsi dan sikap terhadap keputusan pembelian produk mobile computing Acer pada mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan di Karawaci. Populasinya adalah mahasiswa fakultas pariwisata Universitas Pelita Harapan. Rerangka sampling untuk penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah  purposive sampling. Pretest dilakukan secara random terhadap responden untuk menyakinkan item pertanyaan dapat dimengerti oleh responden. Teknik analisis data menggunakan metode regresi ganda. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap terhadap keputusan pembelian. Manfaat penelitian ini dapat dipakai sebagai informasi dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan dengan melihat motivasi, persepsi dan sikap dari konsumen.

Kata Kunci : motivasi, persepsi, sikap, keputusan pembelian, acer

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine and analyze the influence of the variables of motivation, perception and attitudes through purchasing decisions of Acer mobile computing products in students of the Faculty of Tourism, Pelita Harapan University in Karawaci. The population is a tourism faculty students. The sampling frame for this study was 200 respondents. The technique used in collecting data is purposive sampling. Pretest is done randomly on the respondents to convince the question items can be understood by the respondents. The data analysis technique uses multiple regression methods. The results of the analysis conclude that there is a positive and significant influence of motivation purchasing decisions, there is a positive and significant influence of perceptions, purchasing decisions, and there is a positive and significant influence attitudes toward purchasing decisions. The benefits of this research can be used as a sources information in an effort to increase sales volume through motivations, perceptions and attitudes of consumers.

Keywords: motivation, perception, attitude, purchase decision, acer


References


Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Fredereca dan Chairy (2010). Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol.3 No.2 Hal.128-143.

Gitval Worlds (2010). Di akses dari https://ghitvalz41.wordpress.com/2010/02/17 /top-5-produsen-pc-dan-laptop-di-dunia/.

Ghozali, Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handi Irawan D (2016). http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2016_fase_1.

IM. Pasek Suardika, I GAA. Ambarawati dan I P Sukaatmadja (2014). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik CV Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol.2 No.1 Hal.1-10.

Kotler, Philip & Amstrong, Garry (2017). Principles of Marketing. 17th ed. Pearson Prentice Hall.

Mawey, Hizkia Elfran (2013) Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Rajawali Nusindo Cabang Manado, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Hal.791-801.

Nitisusastro, Mulyadi (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung.

Saputra, Rico dan Semuel Hatane (2013) Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No.1 Hal.1-12.

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Lesli Lazar (2010). Consumer Behavior. 10th edition, New Jersey: Pearson Pearce Hall.

Sekaran, Uma dan Bougie, Rouger (2016). Research Methods for Business – A Skill Building Approach, 7th ed. United Kingdom: John Wiley & Sons Limited.

Setiadi, Nugroho J (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahyuni, Dewi (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.10, No.1 Hal.30-37




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i2.5702

Copyright (c) 2019 Juliana Juliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License