PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU PHILIPS (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TELKOM UNIVERSITY)

Rahmat Hidayat

Abstract


Abstract - Changing market becomes 3.0. This spurred the manufacturer to keep innovating, in order to remain consistent amid the increasingly fierce market competition. Manufacturer Philips Lighting, also experienced a shift towards the increasingly fierce market competition. This type of research is descriptive is causal, in order to see the effect of customer satisfaction on purchase decisions Philips lamps. The subjects were the students of Telkom University. The number of respondents was 100 students Telkom University . Using simple regression analysis. The results showed the influence of customer satisfaction with the purchase decision on the Philips lamp Telkom University student with a value of p = .000 , the correlation coefficient for 0791 ( R = 0791 ) , and the determinant coefficient ( R Square / R2 ) of 62.6 % .

 

Keywords: Decision Purchasing, Customer Satisfaction

 

 

Abstrak - Berubahnya pasar menjadi 3.0. ini memacu para produsen untuk tetap melakukan inovasi, agar tetap konsisten ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Produsen Lampu Philips, juga mengalami pergeseran menuju persaingan pasar yang semakin ketat Jenis penelitian ini ialah Deskriptif bersifat kausal, dengan tujuan untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian lampu Philips . Subjek penelitian adalah pada mahasiswa Telkom University. Jumlah responden sebesar 100 orang mahasiswa Telkom University. Analisa menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian lampu Philips pada mahasiswa Telkom University dengan nilai p = .000, koefisien korelasi sebesar 0.791 (R=0.791), dan koefisien determinan (R Square / R2) sebesar 62,6%.

 

Kata Kunci : Keputusan Pembelian , Kepuasan Konsumen, Lampu Philips


References


Buku

Buchory, Herry Ahmad dan Djaslim Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran : CV Linda karya.

Prof. Dr. Sugiyono (2010) Satitisika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Kotler Philip, Kevin Kotler. (2009) Marketing Management, new jersey : Person International Edition.

Kertajaya, Hermawan. (2010). Hermawan Kertajaya On Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon, &Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Consumer Behaviour 7th Edition. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Phillip & Gary Amstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition.New Jersey : Pearson.

Kertajaya, Hermawan. (2010). Connect! Surifung new Wave Era Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali,Imam.2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Kotler,Philip,2009. Manajemen Pemasaran,jilid 1 dan 2 edisi 13.Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Hermawan Kertajaya, 2010. Marketing 3.0(Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit.Jakarta. Penerbit Erlangga

Kertajaya, Hermawan. 2010. Marketing On Venus Play Book 1. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Skripsi

Nugroho, Farid Yuniar. 2011. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasaan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional“Veteran”.

Arif, Herbudi. 2012. Stretegi pemasaran PT. Philips Indonesia ditengah gencarnya kampanye hemat energi. Jurnal. Bogor : Program Pasca Sajrana Institut Pertanian Bogor.

Laely, Hasma Mustain. 2012. Analisis Pengaruh Strategi Positioning terhadap keputusan pembelian pada konsumen Starbuck Coffee di Makassar. Skripsi. Program Manajemen FEB Universitas Hasanuddin Makassar.

Anwar, Saleha. 2011. Impact of Perceived Value on Word of Mouth Endorsement and Customer Satisfaction : Mediating Role of Repurchase Intentions. International Journal of Economics and Management Sciences Vol 1 No.5 (2011). Foundation University of Islamabad

Hallowel, Roger. 2012. The relationships of customer satisfaction, customer loyalty, and profitability: an empirical study. International Journal of Service Industry Management, Vol. 7 Iss: 4, pp.27 – 42. Industry Management MCB UP. Ltd.

Bahhaqi Yuzza, 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang). Tesis. Universitas Dipanegoro Semarang.

Maulita, Bunga. 2008. Analisis Kepuasan Konsumen Speedy Terhadap Kualitas Produk Layanan Broadband Speedy Di Kota Bandung. Skripsi. Institut Manajemen Telkom Bandung.

Puspitasari, Diana. 2010. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Kepuasana Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Maskapai Penerbangan Garuda Keberangkatan Semarang). Thesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Bongsu, Raja Hutagulung dan Novi Aisha. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempenggaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Dua Ponsel (Gsm Dan Cdma) Pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Usu. Jurnal. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU

Internet

http://books.google.co.id/books?id=ASIEnQmPPcoC&dq=keputusan+pembelian+hermawan+kartajaya&hl=id&source=gbs_navlinks_s [diakses pada 22 November 2014 pukul 18.54]

http://swa.co.id/business-strategy/ambisi-telkom-university-menjadi-universitas-kelas-dunia [diakses pada tanggal 22 November 2014 pkl 20.00]




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.57

Copyright (c) 2016 Rahmat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License