KEPEMIMPINAN AGEN KOORDINATOR DALAM MEMBENTUK THE WINNING AGENT PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912

Syahrir Syahrir

Abstract


Kepemimpinan adalah faktor penting yang harus dimiliki oleh para manajer, terutama manajer tingkat lini (first line) yang langsung berhubungan dengan para karyawan operasional. Dengan kepemimpinan maka karyawan dapat dikelola dan diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi dengan baik. Dalam menjalankan kepemimpinannya maka seorang pemimpin harus mempunyai suatu gaya memimpin yang baik yang bisa diterima dan diikuti oleh seluruh karyawannya. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti fungsi dan peran kepemimpinan dari Agen Koordinator perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 dalam membentuk the winning agent atau agen yang mandiri dan handal dalam melakukan penjualan produk asuransi. Hasil yang didapatkan adalah bahwa dalam membentuk the winning agent, Agen Koordinator selain menjalankan fungsinya sebagai pemimpin, juga melakukan fungsi sebagai perekrut agen yang akan dipimpinnya. Peran sebagai pemimpin dilakukan dengan cara melihat tingkat kematangan dari Agen sehingga Agen Koordinator dapat melihat dan menentukan apa yang harus dikembangkan dan ditingkatkan dari agen yang dipimpinnya. Yang dikembangkan dari agen adalah tingkat ”mau” yaitu motivasi yang mendorongnya untuk bekerja, ”tau” yaitu pengetahuannya tentang produk asuransi yang dijualnya, dan ”mampu” yaitu kemampuannya dalam melakukan penjualan. Gaya yang diterapkan adalah kepemimpinan situasional dengan mengedepankan human oriented dikarenakan pekerjaan sebagai agen adalah pekerjaan yang tidak memiliki gaji.

Kata kunci: Kepemimpinan, gaya kepemimpinan dan tingkat kematangan agen 


Keywords


Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan dan Tingkat Kematangan Agen

References


Aa’ad, Moch. (1999). Psikologi Industri, Edisi Ke-4. Yogyakarta: Liberty

Ali, A. Hasyim. (1995). Pengantar Asuransi. Jakarta: Bumi Aksara

Danim, Sudarwan. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta:PT Rineka Cipta Utama.

E. Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

H.B. Siswanto. (2006). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara Handoko, Martin. (1992). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius

Ecodemica, Vol. 3 No. 1 April 2019 ISSN: 2355-0295 E-ISSN: 2549-8932 13

Handoko, T. Hani. (2003). Manajemen, edisi kedua. BPFE UGM Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. (2010). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi kedua. BPFE UGM Yogyakarta

Hartono, S.R. (1995). Hukum Asuransi dan Perusahaan Asuransi. Jakarta:

Sinar Grafika Hasibuan, SP. Malayu. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, SP. Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesepuluh. Jakarta: Bumi Aksara

Kambey, Daniel C. (2006). Landasan Teori Administrasi/Manajemen. Manado: Tri Ganesha Nusantara.

Kartono, Kartini. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kusdi. (2009). Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta : Salemba

Humanika

Maleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manullang, M. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mathis, Robert. L. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Muhammad, Abdulkadir. (2006). Hukum Asuransi Indonesia. Bandung:

Citra Aditya Bakti

Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi.

Jakarta: UI-Press

Prihantono, M. Wahyu. (2001). Manajemen Pemasaran dan Tata Usaha Asuransi. Yogyakarta: Kanisius.

Prodjodikoro, Wirjono. (1987). Hukum Asuransi di Indonesia. Jakart : PT.

Intermasa

Ranupandojo, Heidjrachman dan Suad Hasan. (2004). Manajemen

Personalia, cetakan ketujuh. Yogyakarta: BPFE.

Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke

Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada S. Suriasumantri, Jujun. (2009). Filsafat llmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Sendra, Ketut. (2002). Panduan Sukses Menjual Asuransi. Jakarta: PPM

Siagian, Sondang P. (1988). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung

Sihotang, A. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pradya

Paramita Simajuntak, Emmy Pangaribuan. (1982). Hukum Pertanggungan (Pokok-pokok Pertanggungan Kerugian, kebakaran dan jiwa). Jakarta: Usana Offset

Soeprihanto, John. (2005). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BFPE

Soereno, Surjono. (1998). Penuntun keagenan Asuransi Jiwa. Jakarta: Dewan Asuransi Indonesia

Soekanto Soerjono. (2001). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulistiyanto, Heri. (2008). Telaah Yuridis Tentang Penerapan Asas Kebebasan dalam Perjanjian Asuransi. Kalimantan: Program Studi Magister Ilmu Hukum.

Thoha, Miftah. (2007). Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Yogyakarta : Fisipol UGM Thoha, Miftah. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Indonesia, Kitab Undang-Undang Hukum Dagang. Indonesia. Kitab Undang-Undang Usaha Perasuransian. UU No.2 tahun 1992 Keputusan Menteri Keuangan No. 425/KMK.06/2003, Tentang Perizinan dan Penyelenggaraan Kegiatan Perusahaan Penunjang

Usaha Asuransi




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.4613

Copyright (c) 2019 Syahrir Syahrir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License