Implementasi Budaya Pelayanan Pada Industri Perhotelan Hubungannya Dengan Peningkatan Kinerja Human Capital

Rian Andriani, Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Abstract


Hotel dikelola secara komersial untuk menyediakan pelayanan/jasa untuk umum. Industri perhotelan dalam meningkatkan produktivitas pelayanan tentunya dikarenakan beberapa hal yang mendasar, diantaranya faktor kultur (budaya) perusahaan dan sumber daya manusia sebagai karyawan. Budaya yang kuat memiliki ciri nilai inti organisasi yang dianut dengan kuat, diatur dengan baik dan dirasakan bersama secara luas. Budaya organisasi merupakan produk dari seluruh figur perusahaan, mulai dari orang-orangnya, baik dari segi keberhasilan maupun kegagalannya. Masalah yang biasa dihadapi karyawan adalah bagaimana cara menyesuaikan diri secara proaktif dengan budaya perusahaan agar tidak terjadi konflik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya pelayanan pada industri perhotelan hubungannya dengan peningkatan kinerja human capital. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, perusahaan harus melakukan proses rekrutmen untuk memilih SDM yang sesuai yang dibutuhkan pada bisnis yang sedang berjalan, seperti halnya memberikan pelatihan untuk meningkatkan bakat SDM. Kedua, laporan, evaluasi, dan ulasan kinerja setiap bulannya dari setiap karyawan,  termasuk pekerjaan hospitality, dokumentasi, dan prosedur seperti laporan keuangan dan kontrol kredit. Ketiga, pemeliharaan secara reguler pada seluruh elemen-elemen Hotel.


References


Andriani, R. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bank Tabungan Negara Di Bandung. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(2), 247–257. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/100

Bari, M. W., Fanchen, M., & Baloch, M. A. (2016). TQM Soft Practices and Job Satisfaction; Mediating Role of Relational Psychological Contract. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 235(October), 453–462. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.11.056

Brady, M. K., & Cronin, J. J. (2001). Customer orientation: Effects on customer service perceptions and outcome behaviors. Journal of Service Research, 3(3), 241–251. https://doi.org/10.1177/109467050133005

Coulson-Thomas, C. (2013). Aiming for the stars can bring an organization down to earth: Affordable talent management may mean making the most of what you have. Human Resource Management International Digest, 21(1), 28–30. https://doi.org/10.1108/09670731311296483

Francis, H., & D’Annunzio-Green, N. (2005). HRM and the pursuit of a service culture: Managerial encounters with competing discourses. Employee Relations, 27(1), 71–85. https://doi.org/10.1108/01425450510569319

Gebauer, H., Friedli, T., & Fleisch, E. (2006). Success factors for achieving high service revenues in manufacturing companies. Benchmarking, 13(3), 374–386. https://doi.org/10.1108/14635770610668848

Iles, P., Chuai, X., & Preece, D. (2010). Talent Management and HRM in Multinational companies in Beijing: Definitions, differences and drivers. Journal of World Business, 45(2), 179–189. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2009.09.014

Jarboui, S., Guetat, H., & Boujelbène, Y. (2015). Evaluation of hotels performance and corporate governance mechanisms: Empirical evidence from the Tunisian context. Journal of Hospitality and Tourism Management, 25, 30–37. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2015.08.002

Karatop, B., Kubat, C., & Uygun, Ö. (2015). Talent management in manufacturing system using fuzzy logic approach. Computers and Industrial Engineering, 86, 127–136. https://doi.org/10.1016/j.cie.2014.09.015

Lazear, E. P. (2009). Firm-Specific Human Capital: A Skill-Weights Approach. Journal of Political Economy, 117(5), 914–940.

Lytle, R. S., & Timmerman, J. E. (2006). Service orientation and performance: An organizational perspective. Journal of Services Marketing, 20(2), 136–147. https://doi.org/10.1108/08876040610657066

Martin, A. (2015). Talent Management: Preparing a “Ready” agile workforce. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine, 2(3–4), 112–116. https://doi.org/10.1016/j.ijpam.2015.10.002

Melián-González, S., & Bulchand-Gidumal, J. (2016). A model that connects information technology and hotel performance. Tourism Management, 53, 30–37. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.09.005

Olaniyan D. A. and Okemakinde T. (2008). Human capital theory: Implication for educational development. Medwell Journals. https://doi.org/1683-8831

Polese, F., Carrubbo, L., & Russo, G. (2011). Managing Business Relationships: between Service Culture and a Viable Systems Approach. Esperienze d’Impresa: Dipartimento Di Studi e Ricerche Aziendali, Università Di Salerno, 2, 135–158. Retrieved from http://esperienzedimpresa.it/index.php/espimpresa/article/view/301

Roos, G., Fernström, L., & Pike, S. (2004). Human resource management and business performance measurement. Measuring Business Excellence, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.1108/13683040410524711

Sainaghi, R., & Baggio, R. (2014). Structural social capital and hotel performance: Is there a link? International Journal of Hospitality Management, 37, 99–110. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.11.004

Shook, J. (2010). How to Change a Culture : Lessons From NUMMI. MIT Sloan Management Review, 51(2), 63–68.

Silva, R., Gerwe, O., & Becerra, M. (2017). Corporate brand and hotel performance: A resource-based perspective. Journal of Business Research, 79(August 2016), 23–30. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.05.019

Valentine, S., Godkin, L., Fleischman, G. M., & Kidwell, R. (2011). Corporate Ethical Values, Group Creativity, Job Satisfaction and Turnover Intention: The Impact of Work Context on Work Response. Journal of Business Ethics, 98(3), 353–372. https://doi.org/10.1007/s10551-010-0554-6




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4501

Copyright (c) 2018 Rian Andriani, Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License