Strategi Komunikasi Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Situs Web Kampung Budaya Sindangbarang

Rr Dinar Soelistyowati

Abstract


Pariwisata merupakan integral pembangunan yang semakin dipertimbangkan oleh negara-negara di seluruh dunia. Pengaruh pembangunan pariwisata terhadap perkembangan regional, terutama peningkatan percepatan pembangunan dan perekonomian wilayah cukup besar. Hal ini pun tidak luput dari usaha pihak Pemerintah Kota Bogor dalam mengembangkan salah satu objek wisata yang ada di Bogor yaitu Kampung Budaya Sindangbarang melalui jejaring sosial untuk menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran secara garis besar mengenai Kampung Budaya Sindangbarang beserta bagaimana proses dari promosi wisata tersebut. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan dan studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi yang ada pada jejaring sosial akan meningkatkan nilai kultural sekaligus nilai ekonomi yang ada pada Kampung Budaya Sindangbarang apabila dikelola secara berkelanjutan dan berkala oleh pihak terkait dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasan tersebut. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keberadaan seni dan budaya yang diterapkan melalui jejaring sosial Kampung Budaya Sindangbarang dengan memanfaatkan keindahan panorama alam situs terkait akan dapat memperkuat dan meningkatkan nilai kultural dan ekonomi wilayah tersebut apabila terjalin dengan baik antara para wisatawan sebagai pengguna media, pihak pemerintah sebagai pengelola media, serta kelompok-kelompok kepentingan lainnya.


Keywords


Strategi Komunikasi, Pariwisata, Jejaring Sosial

References


Atiko, G. R. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial oleh Kementerian Pariwisata RI. Jurnal Sosioteknologi, 378-389.

Diansyah, D. C. (2011). Promosi Kampung Budaya Sindangbarang Bogor. Bandung: Universitas Ilmu Komputer.

Diskominfostandi. (2018). Detail. Retrieved from Portal Resmi Pemerintahan Kota Bogor: https://kotabogor.go.id/index.php/page/detail/9/letak-geografis

Elvinaro, A. &. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar (3rd ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kampung Budaya Sindang Barang. (2018). Profil Umum. Retrieved from Kampung Budaya Sindang Barang: http://kp-sindangbarang.com/?page_id=20

Koentjaraningrat. (1990). Sejarah Teori Antropologi II. Jakarta: UI Press.

Mayasari, D. (2014). Startegi Promosi Pariwisata Pulau Derawan. Surakarta: Fakultas Informasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

McQuail, D. (2000). McQuail's Mass Communication Theory. London: Sage Publication.

Moleong, L. J. (1990). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, B. (2012). Pengembangan Kota Bogor sebagai Kota Destinasi Pariwisata Internasional. Bali: Universitas Udayana.

Munavizt, S. (2010, Mei). Media Internet Mempermudah Kehidupan. Diambil kembali dari Pariwisata dan Teknologi: http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/05/media-internet-mempermudah-kehidupan.html

Nasution. (1992). Hubungan Masyarakat Suatu Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, D. A. (2016). Strategi Kampung Budaya Sindangbarang dalam Mempertahankan Nilai Luhur Budaya terhadap Pengaruh Kapitalisme Global. Jakarta: Kajian Pengembangan Perkotaan Program Pascasarjana Multidisiplin Universitas Indonesia.

Prasetyo, U. d. (2011). Komodifikasi Upacara Tradisional Seren Taun dalam Pembentukan Identitas Komunitas. Bogor: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia.

Prasmul. (2017, Oktober 24). Pariwisata di Indonesia Seiring Kemajuan ICT. Retrieved from Prasmul Tourism: http://www.prasmultorism.com/2017/10/24/pariwisata-di-indonesia-seiring-kemajuan-ict

Rahmadi, B. (2003). Keamanan Sistem Lanjut Computer Forensic: Apa dan Bagaimana. Bandung: Magister Teknik Elektro Option Teknologi Informasi, Institut Teknologi Bandung.

Ramdhani, G. R. (2016). Perancangan Informasi Kampung Budaya Sindangbarang melalui Media Infotainment MAP. Bandung: Universitas Ilmu Komputer.

Setiawan, B. (2010, Oktober 28). Kampung Kota dan Kota Kampung: Tantangan Perencanaan Kota di Indonesia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Perencanaan Kota. Yogyakarta, Indonesia.

Soelistyowati, D. (2018). Dinamika Komunikasi Kelompok Posdaya dalam Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Bekasi. Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sahid.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Ketiga ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

World Economic Forum. (2017). Reports. Retrieved Juli 23, 2018, from Travel & Tourism Competitiveness Index Report 2017: www.weforum.org/reports/the-travel-toursim-competitiveness-report-2017

World Tourism Organization. (2017, Juli). Publication. Retrieved Juli 23, 2018, from UNWTO Tourism Highlights 2017 Edition: marketintelligence.unwto.org/publication/unwto-tourism-highlights-2018

Yoeti, H. O. (1996). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4492

Copyright (c) 2018 Rr Dinar Soelistyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License