Membangkit Spontanitas Belanja Pada Supermarket Melalui Promosi, Pramuniaga dan Atmosfer Toko

Agung Sunawarman, Acep Rohendi, Iwan Sofyan

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Pramuniaga Serta Atmosfer Toko Terhadap Spontanitas Belanja Di Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung”. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang responden. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh antara variabel yang satu dan lainnya serta menggunakan uji hipotesis t dan F yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel promosi penjualan pramuniaga dan atmosfer toko terhadap spontanitas belanja secara parsial dan simultan. Hasil menunjukaan promosi penjualan, pramuniaga dan atmosfer toko dapat mempengaruhi perilaku spontanitas belanja konsumen Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung.

Kata Kunci


Promosi Penjualan, Pramuniaga, Atmosfer Toko, Spontanitas Belanja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berman, B., & Evans, J. 2011. Retail Management: a strategic approach (11th ed.). Upper saddle River : Pretice Hall International, Inc.

Carthy, M., Perreault, & Cannon. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manejerial Global. Jakarta: Selemba Empat.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Levy, & Weitz. 2012. Retail Management6th edition. United States of America: McGraw-Hill International.

Nurmasarie, R., & Iriani, S. S. 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Penjualan Perseorangan Terhadap Keputusan Belanja Tidak Terencana. Surabaya: Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, Vol. 1 No. 2 Maret 2013 :528-540.

Pradana, I. G., & Suparna, G. 2016. Pengaruh Store Environment Dan Impulse Buying Tendency Terhadap Urge To Buy Impulsively Dan Impulse Buying Behaviour. ISSN : 2302-8912. Bali: E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 5 No. 7 Juli 2016 : 4101 - 4131.

Pradipta, I. N., & Rastini, N. M. 2014. Pengaruh Atmosfer Toko Promosi Penjualan Dan Interaksi Antara Karyawan Toko Dengan Pembeli Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Carrefour Hypermarket ISSN 2302 - 8912. Bali: E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Vol 3, No 8, Agustus 2014.

Prasetyo, W., Yulianto, E., & Kumadji Srikandi. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying (Survei Pada Onsumen Matahari Department Store Malang Town Square). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya. Vol. 39 No. 2 Oktober 2016 :127-134.

Rahmasari, L. 2010. Menciptakan Impulse Buying. ISSN 1411-6413. Semarang: Majalah Ilmiah INFORMATIKA Universitas AKI Vol.1 No.3 September 2010 :56-68.

Rohaeni, H. 2016. Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. ISSN: 2355-0295, e-ISSN: 2528-2255. Bandung: Jurnal Ecodemica Universitas Bsi Vol. 4 No. 2 September 2016 : 223-231.

Rohendi, A. 2015. Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce Perspektif Hukum Nasional Dan Internasional. ISSN : 2355-0295. Bandung: Jurnal Ecodemica Universitas Bsi Vol 3. No.2 September 2015 : 474-488.

Sahertian, K., & Sahertian, O. L. 2014. Pengaruh Stimulus Lingkungan Fisik Dan Lingkungan Sosial Terhadap Pembelian Impulsif. Malang: Jurnal Arthavidya Universitas Wisnuwardhana Malang Vol. 16 No. 1 Maret 2014.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Temaja, K. W., Rahanatha, G. B., & Yasa, N. N. 2015. Pengaruh Fashion Involvement Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Di Kota Denpasar. ISSN: 2302-8912. Bali: E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Vol. 4 No. 6 2015 :1466-1482.

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran edisi-4. Jakarta: Andi Offset.

Utami, C. W. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (2 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Yuliansyah, H. 2014. Pengembangan Pemasaran Reza Bakery Dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Bandung: Jurnal Ecodemica Universitas Bsi Vol. 2 No. 2 September 2014 : 211-221.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i1.2690

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License