Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk

Kasmanto Miharja

Abstract


Q-Milk adalah bisnis yang bergerak di bidang minuman segar dan sehat di daerah Cilodong Depok . Produk yang dihasilkan adalah susu murni Q-Milk dengan berbagai varian rasa tanpa bahan pengawet. Dalam menjalankan usaha perlu mengenali dan memahami diri perusahaan agar siap menghadapi dan memenangkan persaingan dengan para kompetitor. Penentuan strategi tersebut dapat dilakukan dengan analisis IFAS dan EFAS serta analisis SWOT untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan serta menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk mengatasi pasang surutnya penjualan dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS dan SWOT. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan hasil dari observasi, studi dokumentasi serta wawancara dengan informan penelitian yaitu manajer, karyawan dan konsumen. Hasil penelitiann menunjukkan bahwa posisi Q-Milk berada pada kuadran II, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan kekuatan dalam menghadapi berbagai ancaman. Berdasarkan analisis SWOT maka perusahaan dapat menggunakan strategi Diversifikasi dalam menjalankan usahanya. Dimana perusahaan dituntut untuk melakukan perubahan guna menutup kelemahan dan mengejar peluang yang ada, Hal yang harus dilakukan perusahaan yaitu : Pertahankan harga jual, lakukan inovasi dan terus ciptakan produk yang unik dan menarik, pertahankan kemasan produk sehingga menjadi ciri khas, tingkatkan kualitas produk, tingkatkan kegiatan promosi, memperluas wilayah distribusi agar produk Q-Milk lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Keywords


Analisis IFAS dan EFAS, Analisis SWOT

References


David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

David, Fred R. 2012. Konsep Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Farrel, O.C dan D, Harline. 2005. Marketing strategy. South Western : Thomson Corporation

Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Ofset.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta : PT. Gramedia

Moekijat. 2000. Kamus Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Swasta, Basu dan Irwan. 2001. Manajemen Pemasasran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Syarief, M. Zein dan C.D.A. Sumoprastowo. 1990. Ternak Perah. Jakarata: CV Yasaguna.




Copyright (c) 2018 Kasmanto Miharja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

 
 
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License