Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung

Dita Murinda Katarika, Syahputra Syahputra

Abstract


ABSTRAK

Keanekagaraman kuliner yang semakin berkembang dengan baik memicu potensi wisata kuliner, salah satunya yaitu kopi yang merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia khususnya Kota Bandung. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis coffe shop di Bandung. Para pembisnis berlomba-lomba menciptakan suasana yang unik dan nyaman terutama pada Kopi Ireng dan Kopi selasar yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini masing-masing 100 responden pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo dengan nonprobability(purposive sampling).  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji parsial (Uji T) Exterior (X1), General Interior (X2), dan Interior Display  (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan pada Store Layout (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan. Secara simultan (Uji F) diketahui bahwa Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney tidak terdapat perbedaan Store Atmosphere pada Kopi Ireng dan Kopi Selasar Sunaryo.

Kata kunci : Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Uji Mann-Whitney

ABSTRACT

The diversity of culinery keep developing in a positive way which triggering the potential of culinary expirience, one of them was coffee which considered as indonesian favorite drinks especially people in Bandung. This fenomena can be seen by the fact of many coffee shop businesses in Bandung. Many businesses keep competing to one another in order to create uniqueness and creating a comfortable cozy environment  particulary Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo which offered beautiful natural scenery view. The purpose of this study is to find the influence of store atmosphere toward decision purchase on Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo. The Research methodology that being used in this study are descriptive and quantitative methods. The samples that used in this study each require 100 respodents from both Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo with a non probability (purposive sampling). This study using analytics multiple linear regression. Result partially (T test) shown that exterior (X1), general interior (X2), and interior display (X4) influential positively and significantly on the purchasing decision, while store layout (X3) influential positively but insignificant. Simultaneously (F test) shown that store atmosphere influential positively and significantly on the purchasing decision at both  Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo. Based on the results of the mann-whitney test there was no different in terms of the store atmosphere on both  Kopi Ireng and Kopi Selasar Sunaryo.

Keywords: Store Atmosphere, Purchase Decision, Mann-Whitney test


Keywords


Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Uji Mann-Whitney

References


Aeki-aice (2016). Konsumsi Kopi Domestik. Di akses pada 11 September 2016 dari http://www.aeki-aice.org/page/konsumsi-kopi-domestik/id

Berman, Barry & Joel R. Evans (2010). Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition). New Jersey: Pearson.

Kementrian Pariwisata. 2015. Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Domestik. Diakses pada 19 September 2016 dari sumber www.kemenpar.go.id

Kotler, Philip & Kevin Lane, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Ed. 12. Jilid 1, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2010). Principle of Marketing 13th edition. United States of America:Pearson

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Principle of Marketing (14th ed.Global Edition). England : Pearson Education.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2007). Retailling Management (4th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management 7th edition. New York: McGraw-Hill/Irwin

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2012). Retailing Management (8th ed.) New York, America:McGraw-Hill/Irwin.

Riduwan dan Sunarto. 2010. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasar. Jakarta: LENTERA Ilmu Cendekia.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Utami, Christina Widya. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: SalembaEmpat.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i2.1566

Copyright (c) 2017 Dita Murinda Katarika, Syahputra Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License