Peranan Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian

Rennyta Yusiana, Putri Ayu Nuraisyah

Abstract


ABSTRAK

Bandung merupakan destinasi para wisatawan domestik maupun mancanegara dengan salah satu tujuan yaitu kulinernya. Terdapat banyak restoran dan cafe yang menawarkan berbagai cita rasa kuliner, mulai dari kuliner nusantara sampai kuliner luar negeri. Saat ini konsumen tertarik dengan restoran dan cafe dengan atmosphere yang berbeda. Salah satunya adalah Hummingbird Eatery yang menerapkan store atmosphere homey, dengan Interior restoran yang begitu nyaman dan didominasi furniture yang terbuat dari kayu. Atmosphere (suasana) menjadi faktor penting bagi konsumen dalam memilih tempat bersantap dan bersantai. Atmosphere yang nyaman dengan dekorasi yang unik dan kreatif menjadi daya tarik bagi sebuah restoran sehingga membuat konsumen berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai peranan Store Atmosphere dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif, dengan menggunakan 100 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan SPSS V.22 dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa general interior menjadi pertimbangan utama sebagai manfaat bagi konsumen dalam melakukan keputusan beli selain dari sub variabel store atmosphere lainnya. Pengelola dapat memprioritaskan mengelola general interior dengan lebih efektif, karena konsumen lebih mengutamakan hal tersebut dalam store atmosphere.

Kata Kunci: Store Atmosphere, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

Bandung is a destination for domestic and foreign tourists with culinary goals. There are many restaurants and cafes offering a variety of culinary tastes, ranging from culinary archipelago to abroad. Nowadays consumers are attracted to the restaurant and cafe with a different atmosphere. One of them is the Hummingbird Eatery which implementing store homey atmosphere, with the cozy interior and dominated by furniture made of wood. Atmosphere is an important factor for consumers in choosing where to dine and relax. Cozy atmosphere with unique decor and creative appeal to a restaurant that makes consumers visit. This study aims to determine consumer response regarding the role of Store Atmosphere in increasing consumer purchasing decisions. This type of research is descriptive and quantitative, using 100 samples. Data collection techniques used were questionnaires, observations, interviews, and literature studies. This study uses SPSS V.22 and simple linear regression. The results of this study indicate that the general interior becomes a major consideration as a benefit for consumers in making purchasing decisions apart from other sub variables store atmosphere. Managers can prioritize managing general interior more effectively, because consumers prefer it in the store atmosphere.

Keywords: Store Atmosphere, Purchase Decision


References


Berman, Barry & Joel R. Evans (2010). Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition). New Jersey: Pearson.

Kotler, Philip and G. Armstrong. 2012. Principles of Marketing. 14thed. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. Edisi 14, Global Edition Pearson Prentice Hall.

Levy, Michael & Weitz, Barton A, (2012). Retailing Management (8thed.) New York, America:McGraw-Hill/Irwin

Meldarianda, Resti dan Lisan S, Henky (2010) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol.17, No.2 Hal. 97-108.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL. Jakarta. Salemba Empat

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA.

Utami, Christina Widya. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: SalembaEmpat.

Veronica, Julia dan Tjenderasa, Marius (29 Mei 2012) Hummingbird Eatery. https://anakjajan.com/2012/05/29/hummingbird-eatery/

Zikmund, William G. (2010) Business Research Methods. Australia: Sount- Western Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i1.1429

Copyright (c) 2017 Rennyta Yusiana, Putri Ayu Nuraisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License